RANCANG BANGUN KAMUS BAHASA JAWA BREBES – SUNDA BERBASIS ANDROID

  • Sugiyamta Sugiyamta
  • Nur Annisa Rahmawati
Kata Kunci: kamus, Bahasa, brebes, jawa, sunda

Abstrak

Abstrak - AdanyaduaBahasa di satudaerahseperti yang terdapat di Brebesmerupakansalahsatumasalah yang cukupmengganggu. PasalnyadenganadanyaduaBahasatersebutmembuatkomunikasiantaramasyarakat yang berbahasajawadanmasyarakat yang berbahasasundamenjadisusah, sehinggajikakeduamasyarakat yang berbedaBahasatersebutbertemudaninginberkomunikasimakadenganmenggunakanBahasa Indonesia. JikaitusemuaterusdibiarkanmakatidakmenutupkemungkinankeduaBahasadaerahtersebutakanhilangdarigenerasikegenerasi yang selanjutnya.

Padaskripsiinipenulismencobauntukmenganalisispokokpermasalahan yang adadanmencobamemberikanalternatif lain dalammelestarikankeduaBahasadaerahtersebut yang sekaligusjugabisamemperkenalkannyakedaerah lain. Penulismenggunakanmetodepengembangansistem SDLC. Perancangan model proses menggunakan UML (Unified Modelling Languange).

Aplikasi yang dihasilkanberbasis android yang berfungsiuntukmencarikosa kata jawadansundadengandiberikanketeranganberbahasa Indonesia. Aplikasijugamembantuseseoranguntukmenerjemahkankalimat yang ingindisampaikannyakelawanbicara.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed