ANALISIS FUNDAMENTAL TERHADAP RETURN SAHAM (Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

  • Yeye Susilowati
  • Nur Aini
  • Basukianto Basukianto
  • Annisa Jamil Alifani
Keywords: current ratio, debt equity ratio, return on asset, total asset turn over, price earning ratio dan return saham.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor fundamental (CR, DER, ROA, TATO dan PER) terhadap return saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Jumlah sampel sebanyak 706 perusahaan yang diambil menggunakan metode purposive sampling dengan ketentuan (1) perusahaan manufaktur periode 2014-2018 yang terdaftar di BEI (2) perusahaan manufaktur menerbitkan laporan keuangan secara lengkap dari periode tahun 2014-2018 danĀ  telah diaudit (3) terdapat data yang diperlukan untuk variabel penelitian ini. Data yang digunakan diperoleh dari laporan keuangan dari Indonesia Stock Exchange (IDX) dan laporan tahunan dari masing-masing perusahaan. Hasil analisis menunjukkan current ratio (CR) dapat mengurangi tingkat return saham sedangkan debt equity ratio (DER), return on asset (ROA), total asset turn over (TATO) dan price earning ratio (PER) dapat meningkatkan tingkat pengembalian modal investor tersebut secara parsial. Sementara secara bersamaan, kelima rasio tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham dan mampu memberi hampir seluruh informasi yang dibutuhkan yaitu sebesar 90,1% dan sebesar 9,9% dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed