ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING : USULAN MODEL SEDERHANA UNTUK UMKM TEMPE

  • Bogy Febriatmoko
  • Ajeng Aquina
  • Widhian Hardiyanti
Keywords: tempe SMEs, eksport SMEs, Indonesia SMEs, SMEs Competitive Advantadge

Abstract

Indonesia memiliki pangan khas yang dikonsumsi hampir oleh seluruh penduduknya, pangan tersebut adalah tempe kedelai.Pemerintah Indonesia berencana mendaftarkan tempe sebagai warisan budaya dari Indonesia pada UNESCO tahun 2021.Sebagian besar tempe kedelai Indonesia diproduksi oleh UMKM. Pada tahun 2019 ini Pemerintah Indonesia sedang bersiap untuk mengekspor tempe untuk pertamakalinya. Dengan adanya rencana tesebut maka tempe Indonesia harus memiliki keunggulan bersaing, mengingat di luar sana tempe Indoensia akan bersaing dengan tempe buatan negara lain. Oleh sebab itu kami mencoba membuat model untuk meningkatkan keunggulan bersaing UMKM tempe. Data yang kami pakai merupakan data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kami sebar ke 118 UMKM Tempe di Semarang. Analisis data statistic menggunakan analisis jalur dengan program SPSS 16. Model yang kami coba buat menggunakan variable intervening, diantara variable yang kami gunakan adalah Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Bisnis dan Keunggulan Bersaing. Berdasar hasil uji yang sudah dilakukan UMKM tempe haruslah memiliki Orientasi Kewirausahaan yang unggul sehingga akan berdampak pada Kinerja Bisnis yang baik, sehingga diharapkan produk yang dihasilkan akan memiliki Keunggulan Bersaing.

 

 

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed