https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/issue/feed NCAB 2020-02-03T12:19:23+07:00 Batara batara@edu.unisbank.ac.id Open Journal Systems <p>National Conference On Applied Bussiness</p> https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7663 PENINGKATAN KINERJA SDM MELAUI KEPEMIMPINAN ISLAM DAN KOMPETENSI PROFESIONAL DENGAN VARIABEL MEDIASI ISLAMIC WORK ETHIC DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG 2019-12-27T10:20:03+07:00 Afif Afandi Soleh fandyunissula6@gmail.com Budhi Cahyono buhdicahyono@unissula.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan islam dan kompetensi profesional terhadap kinerja Sumber Daya Manusia&nbsp; dengan <em>islamic work ethic </em>sebagai variabel mediasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua sumber daya manusia yang berada di masing masing fakultas universitas islam sultan agung semarang yang berjumlah 183 orang sehingga didapatkan sampel 113 responden dengan instrumen berupa kusioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus <em>Statistical Package For Social Science (SPSS). 23 for window. </em>Hasil pnelitian menjelaskan bahwa kepemimpinan islam dan kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>islamic work ethic.</em> kepemimpinan islam, kompetensi profesional dan islamic work ethic berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sumber daya manusia. Kompetensi profesional tidak berpengaruh negatif terhadap kinerja sumber daya manusia. Islamic work ethic bukan merupakan variabel mediasi antara kepemimpinan islam terhadap kinerja sumber daya manusia dan juga islamic work ethic bukan merupakan variabel mediasi antara kompetensi profesional terhadap kinerja sumber daya manusia.</p> <p><strong>Key word :</strong> kepemimpinan islam, kompetensi profesional, <em>islamic work ethic</em> dan kinerja sumber daya manusia</p> 2019-12-27T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7669 PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONALTERHADAP ORGANIZATION INNOVATIVENESS (OI) DIMEDIASI OLEH ORGANIZATIONAL LEARNING CAPABILITY (OLC) PADA INDUSTRI USAHA KECIL MENENGAH DI KOTA KENDARI 2019-12-31T09:20:03+07:00 Agniya Thahira agniyathahira@gmail.com Heru Kurnianto Tjahjono herukurnianto@umy.ac.id Susanto Susanto Susanto@umy.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kepemimpinan transaksional dengan <em>organization innovativeness</em> melalui <em>organizational learning capability</em> sebagai mediator.&nbsp; Penelitian ini dilakukan pada UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Teknik <em>purposive sampling</em> diterapkan dalam penelitian ini dengan penyebaran kuisioner sebanyak 280. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transaksional tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap <em>organizational learning capability</em>, akan tetapi memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap <em>organization innovativeness</em>.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa <em>organizational learning capability </em>memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan yang sangat besar terhadap <em>organization innovativeness, </em>organisasi bisnis diharapkan dapat memaksimalkan proses belajar mereka untuk menciptakan inovasi guna mempertahankan dan mengembangankan eksistensi mereka di masa yang akan datang.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7670 PENGEMBANGAN ORGANISASI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI EL-SHADDAY 2020-01-06T09:43:59+07:00 Evan Hansefri e.hansefri@gmail.com Heru Kristanto heru1405@gmail.com <p><em>This research is a case study and aims to develop the organization of El-Shadday Theological College (STT El-Shadday) located in Surakarta. This study analyzes various aspects of the organization that can be developed by reviewing structures, strategies, processes, systems, integration, roles, responsibilities, adaptability, governance, readiness of human resources, and performance culture. Through description analysis, the results of this research are in the form of developing a vision, mission, goals, values, organizational structure, job descriptions, effectiveness of human resource development, and performance appraisal.</em><em>&nbsp;</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7678 RESISTANCE TO CHANGE SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN PEMBERDAYAAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Demak) 2020-01-03T08:59:54+07:00 Agustin Eka Safitri ae.safitri128@gmail.com Euis Soliha euissoliha@edu.unisbank.ac.id <p><em>This study examines the effect of Servant Leadership and Empowerment on Organizational Citizenship Behavior with Resistance to Change as moderation in the Demak District Regional Secretariat. Data collection was conducted by census of employees at the Demak Regency Regional Secretariat for employees with the lowest education level, namely senior high school and under 50 years of age. Data collection techniques using a questionnaire of 137 respondents. Data analysis using SPSS 24.00 with the test instrument and linear regression analysis.</em> <em>The results show that: (1) Servant Leadership has a positive effect on Organizational Citizenship Behavior. (2) Empowerment has a positive effect on Organizational Citizenship Behavior. (3) Resistance to change does not moderate the relationship between Servant Leadership and Organizational Citizenship Behavior. (4) Resistance to change does not moderate the relationship of Empowerment to Organizational Citizenship Behavior.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7679 PERAN SKILL SUMBER DAYA MANUSIA, ORIENTASI BELAJAR DAN KNOWLEDGE OF JOB DESCRIPTION TERHADAP KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA 2020-01-03T09:02:49+07:00 Aji Tri Bramasto adjitrib@gmail.com Heru Sulistyo heru@unissula.ac.id <p><em>Landasan sukses keunggulan bersaing bagi organisasi adalah bagaimana organisasi tersebut mengelola faktor manusia (sumber daya manusia) yang dimilikinya.Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 </em><em>Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu Perangkat Desa sebagai</em> <em>unsur</em> <em>penyelenggara</em> <em>Pemerintahan</em> <em>De</em><em>sa. </em><em>Perangkat</em><em> D</em><em>esa</em> <em>merupakan</em> <em>elemen</em> <em>penting</em> <em>dalam</em> <em>pembangunan</em> <em>pedesaan.</em> <em>Sehingga</em> <em>dalam</em> <em>hal</em> <em>ini</em> <em>dibutuhkan</em><em> P</em><em>erangkat</em><em> D</em><em>esa yang mempunyai</em><em> peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia</em><em>.</em> <em>Kemampuan yang dimiliki oleh </em><em>P</em><em>erangkat</em><em> D</em><em>esa</em> <em>didapatkan</em> <em>bi</em><em>sa </em><em>melalui</em> <em>pelatihan</em> <em>maupun workshop selain</em> <em>itu juga kemauan</em> <em>dalam</em> <em>dirinya. Perangkat</em><em> D</em><em>esa yang mempunyai</em> <em>jiwa</em> <em>untuk</em> <em>belajar dan mampu</em> <em>menerima</em> <em>hal-hal</em> <em>baru</em> <em>akan</em> <em>mendorongnya</em> <em>untuk</em> <em>mengembangkan</em> <em>kemampuan yang dimiliki.&nbsp; Peran skill, orientasi belajar dan juga knowledge of job description yang dimiliki oleh sumber daya manusia dapat mempengaruhi kinerja sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh skill, orientasi belajar dan knowledge of&nbsp; job description terhadap kinerja sumber daya manusia. Berdasarkan kajian pustaka menghasilkan bahwa skill, orientasi belajar dan juga knowledge of job description berpengaruh terhadap kinerja sumber daya manusia yang melahirkan indikator-indikan disajikan dalam bentuk hipotesis.</em> <em>Selanjutnya, model yang dihasilkan diaplikasikan pada responden perangkat desa yaitu sekretaris desa se-Kabupaten Semarang.</em> <em>Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik pengukuran menggunakan skala likert.</em> <em>Penyebaran kuesioner secara langsung maupun dengan melalui social media.</em> <em>Kemudian, uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan </em><em>Moderated Regression Analysis (MRA)</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7682 PENGARUH SELF EFFICACY DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KESIAPAN INDIVIDU UNTUK BERUBAH DENGAN KOMITMEN NORMATIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENYIDIK RESKRIM DI WILAYAH HUKUM POLRES SLEMAN 2020-01-03T09:50:03+07:00 Apfryyadi Pratama apfryyadigreen@gmail.com Achmad Sobirin asobirin@uii.ac.id <p>Penyidik Reskrim di wilayah hukum Polres Sleman belum semuanya mau untuk berubah dan menggunakan aplikasi e-Manajemen Penyidikan. Tujuan penelitian untuk menjawab rumusan masalah penelitian adalah (1) untuk mengetahui apakah self-efficacy berpengaruh terhadap komitmen normatif&nbsp; (2)Untuk mengetahui apakah budaya organisasi berpengaruh terhadap komitmen normatif (3) Untuk mengetahui apakah self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan individu untuk berubah (4) Untuk mengetahui apakah budaya organisasi berpengaruh terhadap kesiapan individu untuk berubah (5) Untuk mengetahui apakah komitmen normatif berpengaruh terhadap kesiapan individu untuk berubah (6) Untuk mengetahui apakah komitmen normatif dapat menjadi variabel intervening pengaruh self-efficacy terhadap kesiapan individu untuk berubah (7) Untuk mengetahui apakah komitmen normatif dapat menjadi variabel intervening&nbsp; pengaruh budaya organisasi terhadap kesiapan individu untuk berubah pada Penyidik Reskrim di wilayah hukum Polres Sleman. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada sampel penelitian yaitu Penyidik Reskrim Polres Sleman dan Polsek di wilayah Sleman sebanyak 124 orang. Analisis data yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) self-efficacy berpengaruh terhadap komitmen normatif&nbsp; (2) Untuk mengetahui apakah budaya organisasi berpengaruh terhadap komitmen normatif&nbsp; (3) self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan individu untuk berubah (4) budaya organisasi berpengaruh terhadap kesiapan individu untuk berubah (5) komitmen normatif berpengaruh terhadap kesiapan individu untuk berubah (6) komitmen normatif bukan merupakan variabel intervening pengaruh self-efficacy terhadap kesiapan individu untuk berubah (7) komitmen normatif bukan merupakan variabel intervening&nbsp; pengaruh budaya organisasi terhadap kesiapan individu untuk berubah pada Penyidik Reskrim di wilayah hukum Polres Sleman.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7684 STUDI PERAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP INNOVATION CAPABILITY DAN EMPLOYEE PERFORMANCE DENGAN DIMODERASI ABSORPTIVE CAPACITY 2020-01-03T10:41:45+07:00 Ayu Masyitha Khumaida masyithakhumaida@gmail.com Heru Sulistyo heru@unissula.ac.id <p><em>Untuk meningkatkan kepercayaan publik, PT. PLN (Persero) berusaha menerapkan inovasi di berbagai aspek operasional dengan tujuan untuk meningkatkan operasional dan mutu layanan serta memperkuat landasan perusahaan serta menyiapkan seluruh jajaran perusahaan menyambut era baru pengembangan ketenagalistrikan yang semakin mandiri dan optimal dalam mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris (1) Pengaruh knowledge sharing terhadap innovation capability (2) Pengaruhknowledge acquisition terhadap innovation capability (3) Pengaruhinnovation capability terhadap employee performance, dan (4) Pengaruhabsorptive capacity dalammemoderasihubungan knowledge sharing denganinnovation capability. Penelitianinidilaksanakan di PT. PLN (Persero) Unit IndukDistribusiJawa Tengah dan DIY.Metodepenelitian yang digunakanadalah purposive sampling dengan jumlah anggota populasi 1842 karyawan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1) knowledge sharing berpengaruhpositifterhadap innovation capability (2) knowledge acquisition berpengaruhpositifterhadap innovation capability (3) innovation capability berpengaruhpositifterhadap employee performance, dan (4) absorptive capacity tidakmampumemoderasihubungan knowledge sharing denganinnovation capability</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7693 ANALISIS PRODUKTIVITAS KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) MITRA SEJAHTERA ABADI DI PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA 2020-01-06T13:44:56+07:00 Mujiono Mujiono mujinoust@gmail.com <p><em>This research drive to discribe productivity level of Mitra Sejahtera Abadi cooperative, save and credit union in Pakem, Sleman, Yogyakarta. Productivity is the condition, that the present must be best than yesterday and the future is well than the present. Its very importance to keep survival and continuing of it business. Productivity is the one of valuation management performent, and it&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; s key sucses business now and to the future for survival cooperative interprise. &nbsp;Productivity beable from two view points as: psychological and technical view point. Base on psychologicaly productivity is mentality behavioral&nbsp; that now must be best than past, and the furure must be best than now. For success of its management hold on three principles as: character,value system, and trust that must be held by both management and good person. &nbsp;&nbsp;Productivity in a technical sense is the comparison between output and input used in doing business. Output that is valued with money valuation is called income.&nbsp; And input that is valued with money is called cost. Productivity Over increasing productivity shows good performance. Productivity in technical is a measurement that how much income be got from a unit cost or expenditure. In&nbsp; this research productivity proximed by operation productivity, profit margin and ownes equity rentability, asset productivity and labour force productivity. </em></p> <p><em>Subyect research is save and credit union of Mitra Sejahtera Abadi, Pakem, Sleman, Yogyakarta, and financial report as&nbsp; a obyect research, a long of the year six years from 2012 until 2017. This research is quantitative descriptive. </em></p> <p><em>The results showed total productivity is fluctuatin tendency, so as profit margin. Total productivity in 2012 1.08, 2013 1.12, 2014 1.11, 2015 1.06, 2016 1.08, and in 2017 1.08. Profit margin in 2012 until 2017 as: 7.48,10.49, 10.05, 5.46, 7.60 and 7.30. Owners equity rentability is fluctuatif, start in 2012 until 2017 as:&nbsp; 8.13%,16.73%,30.53%,16.92%, 21.42% and in 2017 19.25%.Asset productivity is tends to go down, while labour force productity tends to rise.from in 2012 until 2017. Business tend to be inefficient. </em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7695 KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA 2020-01-08T09:23:08+07:00 Bondan Setyo Darmawan teayok17@gmail.com Alimuddin Rizal Riva'i ariri@edu.unisbank.ac.id <p><em>The purpose of this study is to partially want to know the effect of LMX variables, organizational culture, and organizational commitment on performance. The population in this study were all employees of the KPP Pratama Semarang Candisari, totaling 101 people, and all of them were made respondents thus using the census method (total sampling). Analysis techniques with multiple linear regression (ordinary least square), and mediation test (sobel test). Research results: (1). Based on the results of the test instruments that all indicators are valid and reliable. (2). Hypothesis testing proves that from the 5 (five) hypotheses proposed, 3 (three) hypotheses were rejected and 2 (two) hypotheses were rejected, namely direct (partial) influence between LMX and organizational culture on performance. (3). Mediation test proves that LMX and organizational culture cannot affect performance directly, because it must go through organizational commitment (full mediation). It is proven that in order to create good performance, organizations must increase organizational commitment from employees.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7696 PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN MODERASI RESISTANCE TO CHANGE (Studi Pada Pegawai Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kendal dan Sekretariat Dinas Pekerjaa 2020-01-08T09:30:10+07:00 Dona Arista Windraswari dona.windraswari@gmail.com Endang Tjahjaningsih e.cahyaningsih@gmail.com <p><em>This study examines the Effect of Psychological Capital and Job Characteristics on Organizational Citizenship Behavior (OCB) with moderation of Resistance to Change. The population of this research is all employees of </em>Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kendal <em>and </em>Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal <em>which includes 104 Civil Servants (PNS) and activity supporting staffs. This study uses data from the entire population called the census method. The type of data that used in this study is primary data derived from questionnaires, using a Likert Scale. Data analysis using SPSS 25 and data analysis methods using instrument testing, regression analysis, and hypothesis testing (moderation tests using Moderation Regression Analisys pure moderator type). The results of the test data and analysis carried out showed that: (1) Psychological Capital had a positive and significant effect on Organizational Citizenship Behavior, (2) Job Characteristics had no effect on Organizational Citizenship Behavior, (3) Resistance to Change moderated the influence of Psychological Capital on Organizational Behavior Citizenship Behavior, with the effect of moderation weakening, (4) Resistance to Change moderates the influence of Job Characteristics on Organizational Citizenship Behavior with its moderating effect weakening.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7697 PENGARUH ETIKA KERJA ISLAMI DAN KEPUASAN KERJA PADA KOMITMEN ORGANISASISIONAL DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI 2020-01-08T09:38:47+07:00 Dwi Esika Putri dwi.esika.pasca17@mail.umy.ac.id Siswoyo Haryono profsiswoyo@umy.ac.id Nuryakin Nuryakin nuryakin@umy.ac.id <p><em>Dalam persaingan global saat ini, perusahaan dituntut untuk terus mengikuti perubahan lingkungan bisnis yang sangat kompetitif di era modern ini. Perusahaan harus terus menciptakan daya saing yang tinggi dengan pesaing atau kompetitor lainnya jika ingin terus bertahan. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya pengelolaan SDM yang baik dalam perusahaan, yang mengatur hubungan dan peranan karyawan agar efektif dan efesien dalam membantu terwujudnya tujuan perusahaan. Karena karyawan merupakan faktor utama kunci keberhasilan dalam organisasi. Penelitian ini menganalisis hubungan etika kerja islami, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi dengan motivasi intrinsik sebagai pemediasi pada karyawan baitul maal wat tamwil (BMT). Penelitian dilakukan pada 94 karyawan, dan menggunakan SEM (Structure Equation Modelling) by using SmartPLS 3.0. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk terus meningkatkan performa dan&nbsp; mendorong mutu dan kualitas diri karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7698 PERAN FAKTOR SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PRAKTIK SUMBER DAYA HIJAU (STUDI KASUS PT SARIHUSADA GENERASI MAHARDIKA YOGYAKARTA) 2020-01-08T12:19:05+07:00 Erica Fricillia Romadhoni ericafricillia@gmail.com Siswoyo Haryono profsis90@yahoo.com Nuryakin nuryakin nuryakin@umy.ac.id <p><em>Mengingat sumber daya manusia adalah elemen penting dalam proses manajemen lingkungan menurut Daily dan Huang,&nbsp; maka peneliti memilih employee empowerment dan peran mitra bisnis sebagai varibel penentu pengaruh terhadap green human resources practices. Terdapat 5 imlementasi praktik GHRM&nbsp; yaitu Green analysis and description of job position, green performance asessment , green recruitment and selection, green rewards and green training. Berdasarkan teori berbasis sumber daya (RBV), tujuan makalah ini terutama untuk menunjukkan bagaimana memberdayakan karyawan hijau, peran mitra bisnis (SDM) dapat mempengaruhi SDM hijau praktik dengan mediasi variabel green human resources mangement&nbsp; di PT Sarihusada Generasi Mahardika di Yogyakarta. Metodologi pendekatan kerangka konseptual diusulkan untuk menguji efek langsung dan tidak langsung &nbsp;dari dua variabel eksogen yaitu employee empowerment dan peran mitra bisnis dengan manajemen sumber daya hijau dan praktiknya . Kuesioner yang dikelola sendiri diadopsi dan diolah dari kombinasi beberapa referensi. Hasil temuan diolah menggunakan The Partial Least Squares (PLS)menguji kerangka kerja konseptual penelitian.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7699 KEPUASAN KERJA SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL 2020-01-08T10:34:13+07:00 Intan Yuliyati intanipinlucu@yahoo.com Euis Soliha euissolihs@edu.unisbank.ac.id <p><em>This study aims to examine the effect of job characteristics and competence on organizational commitment and job satisfaction as mediation among members of the Directorate of Criminal Police in the Central Java Regional Police. To test the hypothesis, this study uses quantitative research. Job characteristics and competencies are independent variables. Organizational commitment is the dependent variable. While job satisfaction is a moderating variable. The results showed that there was a significant influence between job characteristics and competencies on organizational commitment and job satisfaction of consumers moderating the influence of job characteristics and competencies on organizational commitment of Ditreskrimsus members of the Central Java Regional Police.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7700 DAMPAK KEPEMIMPINAN ETIS, EMPLOYEE WELL-BEING MELALUI MEDIASI KEPUASAN KERJA 2020-01-09T11:10:14+07:00 Nadia May Nanda maynadia18@gmail.com Heru Kurnianto Tjahjono herukurnianto@umy.ac.id Nuryakin nuryakin nuryakin@umy.ac.id <p><em>Persaingan global adalah revolusi global atau disebut juga globalisasi yang menciptakan perkembangan kehidupan. Salah satu contoh</em><em>nya</em><em> adalah manajemen perubahan</em><em> dimana</em><em> berubah dengan cepat setiap saat. Dan </em><em>pada</em><em> era ini, ada perubahan manajemen yang semakin intens</em><em>. Tetapi dengan kondisi tersebut, banyak sumber daya manusia yang melakukan penyimpangan dari etika moral secara umum. Seperti korupsi, kasus-kasus suap, pekerjaan yang tidak patut dan hal-hal lain yang tidak menunjukkan etika individu yang berpengetahuan. Faktanya, sangat penting untuk mempelajari bahwa kejujuran, kepercayaan, integritas, dan kesopanan adalah nilai-nilai etis. Ini diterapkan oleh manusia di bidang apa pun, salah satunya dalam pekerjaan. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak kepemimpinan etis, employee well-being dimediasi dengan kepuasan kerja karyawan RS PKU Muhammadiyah Gamping. Metode penelitian ini menggunakan SEM dan metode mediasi oleh Baron-Kenny, yang kemudian dibantu menggunakan alat analisis IBM SPSS AMOS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya, terkhusus dalam perkembangan kepemimpinan etis, employee well-being, dan kepuasan kerja didalam sebuah organisasi.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7701 MENGUKUR PERAN MEDIASI PERCEIVED USEFULNESS DALAM HUBUNGAN PERCEIVED EASE TO USE PADA ATTITUDE PENGGUNA APLIKASI KAI ACCESS 2020-01-09T11:38:51+07:00 Rizal Rifa’i rizal.king.comm@gmail.com <p><em>This study aims to determine the effect of perceived ease to use on the attitude of KAI access users through perceived usefulness as a mediator. The convenience offered by using applications in everyday life encourages PT. Kereta Api Indonesia to provide convenience for prospective train passengers by presenting an application from PT. KAI itself called KAI access. The object of this research is the KAI access application, while the subject is train passengers who use the KAI access application. This research uses sampling with purposive sampling technique. The number of samples in this study were 182 respondents. Data obtained through questionnaires which are distributed directly to stations in the city of Yogyakarta and through Google form. Data analysis techniques using SEM with AMOS software version 22. Based on the results of the analysis that has been done, it shows that perceived ease to use affects perceived usefulness, perceived ease to use affects attitude and perceived usefulness influences attitude. In this research, the role of perceived usefulness in mediating is very important, indicated by the value of indirect effect which is greater than the value of direct effect. This study also found that usefulness was more dominant than ease to use for KAI access application users</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7703 PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN MODERASI BUDAYA ORGANISASI (Study Pada ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah) 2020-01-09T12:37:08+07:00 Rondiyah Rondiyah yahyarondiyah@gmail.com <p><em>This study aims to determine the Effect of Job Characteristics and Quality of Work Life (QWL) on Organizational Citizenship Behavior in the Midst of Organizational Culture Moderation at ASN Regional Office of the Ministry of Religion in Central Java Province. This research was conducted at ASN in the Regional Office of the Ministry of Religion of Central Java Province with 120 ASN respondents. The type of data used is quantitative data, while the source of data is primary data.The research instrument used in the form of a questionnaire was tested for validity and reliability, then to explain the magnitude of the effect of the independent variables on the dependent variable using multiple linear regression equations with SPSS version 25.The results showed that Job Characteristics had a positive and significant effect on OCB, QWL had a positive and significant effect on OCB, Organizational Culture was able to moderate the Characteristics of work towards OCB, Organizational Culture was able to moderate OWL to OCB</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7705 PERAN EMPATHY LEADERSHIP DALAM MENGATASI BEBAN KERJA DAN KONFLIK KERJA 2020-01-09T13:28:18+07:00 Teguh Pramono teguhpramono99999@gmail.com Olivia Fachrunnisa olivia.fachrunnisa@unissula.ac.id <p><em>Pihak-pihak yang terkait dalam jasa konstruksi baik pemilik, konsultan, kontraktor maupun instansi pemerintah dan swasta di tuntut untuk bekerja secara baik dan profesional serta mereka dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas kerjanya. Banyak faktor-faktor yang berhubungan dengan pemimpin terhadap keberhasilan proyek seperti halnya empathy leadership yang berhubungan positif dengan kualitas kerja. Usaha lain untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan diantaranya adalah dengan memperhatikan adanya konflik dan beban kerja. Konflik dan beban kerja yang dikelola dengan baik akan menjadikan karyawan berkembang dengan baik dan meningkatkan kualitas kerja.</em> <em>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran empathy leadership dalam mengatasi beban kerja dan konflik kerja terhadap kualitas kerja.</em> <em>Metode penelitian ini adalah penelitian survei dan analitik &nbsp;yang dilakukan pada 157 responden dan dilakukan uji pengaruh dengan menggunakan software Amos 21.</em> <em>Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh </em><em>beban kerja</em><em> terhadap </em><em>kualitas kerja</em><em> secara signifikan, terdapat pengaruh </em><em>konflik kerja terhadap </em><em>kualitas kerja</em><em> secara signifikan. Ada pengaruh </em><em>empathy leadership sebagai moderasibeban kerja dan konflik kerja</em><em> terhadap kualitas kerja secara signifikan.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7706 PENGARUH ETHICAL LEADERSHIP, DISTRIBUTIVE JUSTICE CAREER TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI TRUST IN LEADER 2020-01-09T13:40:43+07:00 Vani Anggara Wiriatmaja vani.anggara.pasca17@mail.umy.ac.id Meika Kurnia Puji RDA vani.anggara.pasca17@mail.umy.ac.id Siswoyo Haryono profsiswoyo@umy.ac.id <p><em>Karyawan merupakan sumber daya dengan peran yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan adanya karyawan yang berkualitas maka tujuan-tujuan perusahan akan mudah diwujudkan. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan merupakan faktor kunci yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam memberikan kinerja yang terbaik. Untuk menghasilkan kinerja terbaik dengan kualitas tinggi, perusahaan harus didukung oleh karyawan yang profesional, mengedepankan kepentingan organisasi, mempunyai komitmen yang tinggi terhadap organisasi sehingga minimnya terjadi turnover intention. Turnover intention sangat berbahaya bagi perusahaan karena dampak negatif yang ditimbulkan diantaranya angka perputaran karyawan yang tinggi akan mengakibatkan bengkaknya biaya perekrutan, seleksi dan pelatihan. Selain itu tingkat perputaran karyawan yang terlalu besar atau melibatkan karyawan berharga akan menjadi faktor pengganggu yang menghalangi efektivitas organisasi atau perusahaan. Berdasarkan kajian teoritis, turnover intention dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kepuasan kerja, stres kerja dan komitmen organisasi. Artikel ini bertujuan untuk menganalis hubungan ethical leadership, distributive justice career dan turnover intention yang di mediasi oleh trust in leader. Secara khusus, penelitian ini akan mendalami tentang hubungan antar variabel-variabel yang mempengaruhi turnover intention pada karyawan pada sektor perbankan. Pengambilan karyawan pada sektor perbankan sebagai sampel penelitian karena saat ini dunia perbankan menghadapi persaingan bisnis yang sangat keras. Munculnya berbagai macam industri </em><em>F</em><em>inTech membuat dunia perbankan konvensional harus bekerja ekstra keras untuk dapat bertahan dipasar. Oleh karena itu, mengelola agarturnover karyawan tidak tinggi menjadi sangat penting, agar perusahaan bisa fokus dalam mengembangkan SDM nya.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7707 PERILAKU ADAPTIF TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DIMEDIASI STRATEGIC PLANNING 2020-01-09T13:49:52+07:00 Robby Herdiansyah Robby.herdiansyah93@gmail.com Ahmad Johan Ahmadjohan9191@gmail.com <p>Kemampuan adaptif atau melihat kondisi lingkungan tentu berbeda beda dari setiap pelaku bisnis, dari berbagai perspektif tersebut diungkapkan beberapa dimensi yang dirasa penting dalam penerapan sebuah perilaku adaptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan skala kecil &amp; menengah dalam mengelola &nbsp;perilaku adaptif untuk meningkatkan kinerja perusahaan baik dengan adanya mediasi dari strategi planning ataupun tidak. Penelitian ini dilakukan pada 3 UKM batik yang berada di Pasar Bringharjo Yogyakartadengan metode studi kasus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perilaku adaptif akan berdampak pada kinerja perusahaan dimana perilaku adaptif membuat perusahaan aktif dalam menyesuaikan bisnis yang sedang dilakukan terhadap kondisi lingkungan, begitu juga dengan peran strategic planning yang memposisikan sebagai mediasi munculnya perilaku adaptif yang memiliki hubungan diantara keduanya.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7709 DIMENSI-DIMENSI YANG MEMPENGARUHI CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA WAROENG STEAK & SHAKE DI YOGYAKARTA 2020-01-10T10:10:31+07:00 Arif Fakhrudin ariffakhrudin21@gmail.com hADI hADI ariffakhrudin21@gmail.com Esti Nur Wakhidah ariffakhrudin21@gmail.com <p><em>T</em><em>h</em><em>i</em><em>s research aims to analyze the influence of brand image toward the consumers loyalty Waroeng Steak &amp; Shake di Yogyakarta in Yogyakarta. The subjects of this research &nbsp;are &nbsp;consumers &nbsp;who &nbsp;use &nbsp;Waroeng &nbsp;Steak &nbsp;&amp; &nbsp;Shake &nbsp;di&nbsp; Yogyakarta. &nbsp;The samples are 150 respondents chosen by using purposive sampling. Multiple linier regression analysis was applied in analyzing the data. Results showed that the service has significant effect to consumer loyalty with regression coefficient of 0,323 with significance level of 0.000. The quality has no effect to brand loyalty with regression coefficient of 0,117 with significance level of 0,121. Adjusted R Square value of 0,367 which is mean that 36,7% of consumer loyalty (Y) could be explain by the independent variables brand image (X), while the remaining amount of 63,3% is explained by the other variables outside this research.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7710 PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN DAN DIMENSI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING 2020-01-10T10:16:56+07:00 Yohanes Andrianto shining1st@gmail.com Singgih Santoso singgih.santoso@gmail.com <p>Fenomena munculnya banyak toko oleh-oleh makanan di daerah Purbalingga Jawa Tengah mengakibatkan terjadinya persaingan bisnis yang semakin kuat. Agar tetap dapat bertahan menghadapi persaingan, maka pelaku usaha perlu memperhatikan aspek-aspek penting dalam menjalankan usahanya. Penulis mengambil beberapa aspek yaitu dimensi kualitas layanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati) dan dimensi bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai intervening. Penulis menjadikan Toko Nopia Asli sebagai objek penelitian karena toko tersebut merupakan salah satu toko oleh-oleh yang cukup tua dan terkenal di daerah Purbalingga. Desain penelitian ini adalah survai menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 200 responden pelanggan Toko Nopia Asli dengan metode purposive random sampling. Variable penelitian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang nantinya diharapkan mampu menunjukan variable yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7711 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI RASA PERCAYA PADA MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pada PT. EMKA ARCHITECT GROUP) 2020-01-10T11:23:46+07:00 Nuryakin Nuryakin nuryakin@umy.ac.id Arni Surwanti arupwikana@gmail.com Arup Wikana arupwikana@gmail.com <p><em>Internet merupakan salah satu media teknologi komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. </em><em>Jaringan internet marketing menciptakan suatu harapan bagi pelaku usaha untuk bersaing dalam pemasaran suatu produknya, tidak jarang para pelaku usaha memasarkan produknya dengan berbagai promosi dan di pasarkan melalui media online atau menggunakan jaringan internet. Promosi yang dahulunya menggunakan media lama</em><em>,</em><em> seperti</em><em>:</em><em> surat kabar, radio dan brosur, saat ini dapat digantikan dengan berbagai media terbaru yang menggunakan teknologi internet, seperti social media, </em><em>dan </em><em>website</em><em>. </em><em>Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan uji structural equation model (SEM).</em><em> Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang.</em> <em>Penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel promosi menggunakan facebook dan instagram </em><em>berpengaruh </em><em>positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. EMKA Architect Group. Tetapi, variabel rasa percaya belum mampu menguatkan hubungan antara variabel promosi facebook dan instagram terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. EMKA Architect Group.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7712 PENGARUH EFEKTIVITAS PROMOSI PADA DESTINASI WISATA TERHADAP ACTION WISATAWAN DENGAN MELIHAT GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AISAS (Studi kasus pada pengunjung Pantai Pasir Panjang Kei) 2020-01-10T10:50:07+07:00 Nellyn Lutur nellyn.lutur@students.ukdw.ac.id Singgih Santoso Singgih@staff.ukdw.ac.id <p><em>Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat baik dan potensial untuk dikembangkan saat ini.&nbsp;</em><em>Promosi di media sosial adalah cara yang populer bagi perusahaan, bahkan instansi pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efek dari promosi tujuan wisata di media sosial dengan mengembangkan model AISAS untuk melihat hubungan antara kata kerja di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalahwisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Pasir panjang Kei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi di media sosial memiliki dampak yang signifikan pada perhatian, minat, dan keinginan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang informasi yang sedang dipromosikan. Dan perhatian seseorang serta minat memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pariwisata. kegiatan pariwisata seseorang mempengaruhi keinginan untuk berbagi pengalaman perjalanannya.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7713 INNOVATION CULTURE, ABSORPTIVE CAPACITY, INFORMATION TECHNOLOGY ADOPTION AND SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE 2020-01-10T10:54:44+07:00 Erna Indriyaningrum ernaindriyaningrum14@gmail.com <p>Sustainable competitive advantage is very important for Indonesian SMEs (small and medium enterprise) to face challenges and opportunities for world free market competition. Sustainability is defined as a long-term competitive advantage not only for today but must continue to run on an ongoing basis by utilizing all potential internal capabilities and then adjusting it to the company's external conditions. The company's sustainable competitive advantage will be achieved through its position of resources and capabilities. Likewise, Batik SMEs in Central Java and DIY, to be able to compete must be able to see and plan their business carefully, improve managerial skills and human resources. Determining the business strategy to be a winner, not as a follower, successfully seize the market with products and services that are different and unique, providing benefits or added value and solutions for customer needs is very important. However, most of Batik SMEs are not fully aware that a very important and decisive tangible resource is a culture of innovation, whose formation process is highly dependent on the characteristics of corporate leaders who can lead to adapt to new and criticizing environmentsto resources to engage in innovative and creative endeavors. This study aims to develop theoretical and empirical models, describe and analyze the influence of innovation culture variables on absorptive capacityvariables, information technology adoption variables, the effect of absorptive capacityvariables and information technology adoption variables on the sustainable competitive advantage of SMEs in Central Java and DIY Batik industries. This type of research will use explanatory research, which measures the effect of variables to test the proposed hypothesis. The data collection method will use interview techniques through a questionnaire consisting of 26 question items or indicators and measured using a Likert Scale, starting with a score of 1 which means strongly disagree with a score of 5 which means strongly agree. The analytical method will uses Partial Least Square (PLS).</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7714 MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK KOSMETIKBERSERTIFIKAT HALAL 2020-01-10T11:00:01+07:00 Wratsongko Indra Baroto indrabaroto@gmail.com <p><em>Penelitianinibertujanuntuk</em><em>mengetahui dan </em><em>menganalisispengaruh</em><em> label sertifikasi halal&nbsp; terhadap sikap konsumen pproduk kosmetik</em><em>, </em><em>pengaruh</em><em> label sertifikasi halal&nbsp; terhadap kontrol perilaku konsumen produk kosmetik</em><em>, </em><em>pengaruh sikap konsumen terhadap minat beli produk kosmetik berlabel sertifikat halal</em><em>, </em><em>pengaruh norma subjektif konsumen terhadap minat beli produk kosmetik berlabel sertifikat halal</em><em>, dan </em><em>pengaruh kontrol perilaku konsumen terhadap minat beli produk kosmetik berlabel sertifikat halal.</em> <em>Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Non Probability Sampling</em><em>. </em><em>Metode pengambilan sampel non probabilitas yang digunakan adalah </em><em>ConvenienceS</em><em>ampling </em><em>yaitu</em><em>wanita di </em><em>PulauJawa</em><em> yang berusia 16 tahun keatas yang mempunyai pengetahuan tentang kosmetik halal.</em><em>Jumlahsampel yang digunakanadalah 205. Metodepenelitian yang digunakanmenggunakanStruktural Equation Modeling (SEM),</em><em>hasil penelitian ini membuktikan</em><em>adapengaruhsikapterhadapminatbelikonsumenprodukkosmetikbersertifikat halal, adapengaruhkontrolperilakuterhadapminatbelikonsumen pada produkkosmetikbersertifikat halal, adapengaruhnormasubjektifterhadapminatbelikonsumen pada produkkosmetikbersertifikat halal, adapengaruhsertifikasi halal terhadapsikapkonsumen pada produkkosmetikbersertifikat halal,adapengaruhsertifikasi halal terhadapkontrolperilakukonsumen pada produkkosmetikbersertifikat halal.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7715 PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN KUALITAS PRODUK (PRODUCT QUALITY) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK KECANTIKAN THE BODY SHOP DI KOTA YOGYAKARTA 2020-01-10T11:05:57+07:00 Wiwin Inriani Lamasi Ec11120041@Gmail.Com <p><em>Pada masa sekarang sering kita temui berbagai macam produk kecantikan yang banyak digunakan oleh para wanita, tidak hanya wanita saja, semua orang sudah mulai bergantung kepada produk produk kecantikan dan perawatan, salah satunya yang terkenal yaitu THE BODY SHOP yang sudah memiliki toko hingga ke berbagai negara salah satunya Indonesia. Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) dan kualitas produk (product quality) terhadap loyalitas konsumen produk kecantikan THE BODY SHOP di kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan 100 kuesioner kepada para pengunjung THE BODY SHOP yang ada di kota Yogyakarta untuk menjelaskan pengaruh atau hubungan suatu variabel dengan variabel yang lainnya. Peneliti mengambil THE BODY SHOP karena seperti yang kita ketahui banyaknya produk produk kecantikan yang sedang trend dikalangan para wanita, produk produk perawatan, kosmetik yang memiliki pangsa pasar terbesar di masa sekarang sehingga peneliti ingin mengetauhi bagaimana respon dan loyalitas konsumen terhadap suatu produk perawatan THE BODY SHOP yang memiliki pangsa pasar terbesar tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di negara negara lainnya.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7716 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA POLIS TARHADAP KEPUASAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA PERSEROAN TERBATAS JASA RAHARJA 2020-01-10T11:10:45+07:00 Galih Tanugraha Saputra galih.tanugraha@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Jasa Raharja, pengaruh persepsi harga polis terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Jasa Raharja, pengaruh kualitas pelayanan terhadap electronic Word of Mouth pada PT. Jasa Raharja, pengaruh persepsi harga polis terhadap electronic Word of Mouth pada PT. Jasa Raharja, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap electronic Word of Mouth pada PT. Jasa Raharja. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta asuran PT. Jasa Raharja. Sampel dikumpulkan dengan teknik purposive sampling, peserta yang pernah atau sedang menggunakan layanan berupa pengurusan klaim asuransi PT. Jasa Raharja dan bersedia untuk dijadikan sebagai sampel. Adapun jumlah sampel </em><em>180</em><em> sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Jasa Raharja, persepsi harga polis berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Jasa Raharja, kualitas pelayanan </em><em>tidak </em><em>berpengaruh signifikan terhadap electronic word of mouth di PT. Jasa raharja, persepsi harga polis tidak berpengaruh terhadap electronic word of mouth di PT. Jasa raharja, dan kepuasan pelangan </em><em>tidak </em><em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap electronic word of mouth di PT. Jasa raharja.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7717 MINAT MENGGUNKAN MOBILE BANKING PADA PERBANKAN MILIK NEGARA 2020-01-10T11:15:03+07:00 Siti Nur Mubarokahah sitinurmubarokah29@gmail.com <p>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat berdampak pada bisnis maupun individu yang mengarah ke era digitalisasi termasuk sektor bisnis dan sektor perbankan. Dengan adanya digitalisasi teknologi pada perbankan dan fasilitas <em>e-banking</em> dalam bank maka memudahkan nasabah dalam bertransaksi tanpa harus berkunjung langsung ke bank yang bersangkutan dimana dalam penelitian ini berfokus pada mobile banking. Masih banyak masyarakat yang belum berminat menggunakan produk <em>m-banking</em> dikarenakan dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh perbankan tentu akan ada risiko yang akan dialami oleh penggunanya berupa <em>cyber crime. </em>Oleh karena itu, minat masyarakat menggunakan mobile banking masih sedikit. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis minat menggunakan <em>mobile banking</em> pada perbankan milik negara di Yogyakarta. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain persepsi manfaat, persepsi kegunaan, persepsi risiko dan fitur layanan terhadap minat nasbah mnggunakan m-banking pada perbankan milik negara. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik penelitian menggunakan metode <em>survey </em>dengan membagikan <em>kuesioner </em>kepada responden.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7718 PENGARUH PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN PERUMAHAN BERSUBSIDI (STUDY KASUS PT BSM PROPERTI) 2020-01-10T11:20:20+07:00 Yosa Mikha Pangestu josuamikha@gmail.com Singgih Santoso singgih@staff.ukdw.ac.id <p><em>Pada hari ini perkembangan properti di Indonesia semakin berkembang pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap kepuasan konsumen membeli produk perumahan bersubsidi, melakukan analisis faktor yang mempengaruhi preferensi terhadap kepuasan konsumen membeli perumahan bersubsidi, melakukan analisis pengaruh antara persepsi dan preferensi konsumen terhadap kepuasan&nbsp; konsumen membeli perumahan bersubsidi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Target penelitian adalah penghuni di perumahan PT BSM yang terletak di kabupaten Lamandau, Kalimantan tengah. Data yang diperoleh yaitu sebanyak 164 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kwesioner, dalam penelitian menggunakan 9 variabel yang terdiri dari 35 pernyataan dan uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan untuk uji realibilitas yang digunakan adalah Alpa Cronbach dengan koefisien reialibiliti adalah &gt;0,6. Dari hasil validasi 35 pernyataan dinyatakan valid dan realible . Metode yang digunakan adalah SEM dengan alat olah data yaitu AMOS.&nbsp; </em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7719 TINGKAT PENGGUNAKAN LAYANAN ELEKTRONIK BANKING PADA BANK SWASTA YANG DIMEDIASI OLEH MINAT MENGGUNAKAN 2020-01-13T09:37:04+07:00 Adityas Wahyuningsih adityaswahyuningsih@gmail.com <p>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dimanfaatkan oleh perbankkan untuk meningkatkan kinerja keuangan bank dengan meningkatkan dan mempermudah transaksi yang dilakukan oleh bank. Produk perkembangan teknologi yang diterapkan oleh perbankkan adalah elektronik banking. Elektronik banking dapat mengatasi permasalahan transaksi terkait dengan waktu dan lokasi. Elektronik banking membuat nasabah dapat melakukan transaksi tanpa terbatas waktu dan tempat. Meskipun demikian, penerimaan elektronik banking oleh nasabah dipersepsikan berbeda-beda dimana salah satunya dipengaruhi oleh karakteristik nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat dan tingkat penggunaan nasabah menggunakan layanan elektronik banking pada Bank Swasta di Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Analisis jalur adalah penggunaan analisis regresi untuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel yang telah diterapkan sebelumnya berdasarkan teori. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, persepsi kualitas layanan, motivasi hedonis, minat menggunakan elektronik banking, dan tingkat penggunaan elektronik banking. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik <em>accidental sampling</em>. Pengambilan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan terhadap 100 nasabah bank swasta di Yogyakarta yang menggunakan elektronik banking.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7720 PENGARUH SUBJECTIVE NORM DAN PERCEIVED BEHAVIOURAL CONTROL TERHADAP INTENTION TO USE PRODUCTS BANK SYARIAH MELALUI ISLAMIC SPIRITUAL VALUE 2020-01-13T09:46:50+07:00 Muhammad Akib akipdickyy@yahoo.co.id Bedjo Santoso bedjo.s@unissula.ac.id <p><em>Research</em> tentang penggunaan <em>Theory of Planned Behavior</em> <em>(TPB). </em>yang telah dikembangkan dari<em> Theory of Reasoned Action (TRA) </em>hingga saat ini masih merupakan <em>research</em> yang sangat menantang yang menjadi <em>trending</em> topik, apalagi <em>research</em> pengembangan tersebut di implemtasikan pada <em>Islamic banking</em> <em>product</em>. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: <em>subjective norm </em>dan<em> perceived behavioural control</em> terhadap <em>intention</em> <em>to use</em> <em>products</em> bank Syariah melalui <em>Islamic spiritual value</em>. Penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif analitik pada 120&nbsp; responden, menggunakan <em>SPSS&nbsp; for Windows 2.0</em>. Temuan dari penelitian ini yaitu:<em> Subjective norm </em>dan<em> perceived behavioural control</em> memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap <em>intention</em> <em>to use</em> <em>products</em> bank Syariah<em>. Islamic spiritual value </em>mampu memoderasi<em> Subjective norm </em>dan<em> perceived behavioural control </em>terhadap <em>intention</em> <em>to use</em> <em>products</em> bank Syariah. Kelemahan pada penelitian ini hanya terbatas di Kota Semarang pada Bank Syariah, sehingga tidak dapat mencakup semua nasabah yang ada di Jawa Tegan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7721 MODEL KINERJA BISNIS ONLINE BERBASIS DISRUPTIVE INNOVATION DAN KUALITAS BERSAING DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI 2020-01-13T10:12:57+07:00 Kabizatya Rizqi Amantha kabizatyarizqi@gmail.com Nurhidayati Nurhidayati nurhidayati@unissula.ac.id <p>Persaingan bisnis di era internet semakin kuat dan memaksa perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis yang semakin berubah. Perubahan lingkungan secara masif menyebabkan perubahan yang signifikan dalam bisnis. Inovasi dan kualitas bersaing menjadi senjata utama perusahaan yang berbasis online untuk memenangkan persingan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kerangka penelitian atau model penelitian tentang kinerja perusahaan (toko) yang berbasis bisnis online dengan menggunakan disruptive innovation dan kualitas bersaing dan keunggulan bersaing sebagai variable mediasi. Berdasarkan kajian pustaka, maka kerangka berpikir dari model kinerja akan dihasilkan. Indikator dari setiap variable dan hubungan antar variabel akan dibahas dan disajikan dalam hipotesis. Selanjutnya model yang dihasilkan akan relevan jika diaplikasikan pada responden toko berbasis online yaitu toko online yang bergerak berbagai bidang seperti makanan, fashion, dan kerajinan. Pengambilan data menggunakan sebaran non probability sampling, yaitu purposive sampling. Kriteria sampel yang digunakan adalah, perusahaan yang operasionalnya melalui media sosial baik intagram, facebook, dan/atau melalui whatsapp. Penyebaran kuesioner melalui kelompok/group whatsapp dan/atau menghubungi langsung responden dengan menggunakan aplikasi google form</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7722 PENGARUH INTERPERSONAL SERVICE QUALITY DAN SELF SERVICE TECHNOLOGY SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DENGAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PELAYANAN STATISTIK TERPADU (PST) BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) PROVINSI JAWA TENGAH 2020-01-13T10:23:19+07:00 Yayan Arum Wulandari Yayan.wijananto@gmail.com Bedjo Santoso Bedjo.s@unissula.ac.id <p>Kesadaran masyarakat akan arti pentingnya data dan informasi semakin tinggi. Itu bisa dilihat dari semakin banyaknya masyarakat membutuhkan berbagai data untuk bermacam kepentingan. Adapaun Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah dewasa ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Interpersonal Service Quality, Self Service Technology Service Quality terhadap Customer Satisfaction </em>dengan <em>Perceived Value </em>sebagai variable intervening. Berdasarkan kajian pustaka, maka kerangka berfikir dari model kinerja akan dihasilkan. Indikator dari setiap variable dan hubungan antar setiap variable akan disajikan dalam hipotesis. Pengambilan data dilakukan dengan teknik sampel accidental sampling, dengan populasi yang eligible terpilih sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang dan menerima pelayanan pada PST BPS Provinsi Jawa Tengah</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7723 PERAN HALAL PRODUCT KNOWLEDGE,IDEOLOGY RELIGIOSITY DAN HALAL PRODUCT QUALITY TERHADAP HALAL FOOD PURCHASE INTENTIONMELALUI PENINGKATAN ATTITUDE TOWARD HALAL FOOD 2020-01-13T10:44:56+07:00 Ilman Taufiq Lazuardy ilmantaufiq@yahoo.co.id Asyhari Asyhari ilmantaufiq@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran <em>halal product knowledge, ideology religiosity </em>dan <em>halal product quality </em>terhadap <em>halal food purchase intention </em>melalui peningkatan <em>attitude towards halal food</em> pada makanan halal di kota Semarang. Keberadaan restaurant halal di Semarang memberikan jaminan terhadap makanan halal di kota Semarang yang setiap konsumennya beragama muslim. Banyak juga restaurant di Semarang yang belum ada sertifikasi halal. Kendala-kendala dalam mencari restaurant halal di Semarang bisa dikatakan lumayan susah dikarenakan setiap restaurant dengan standart halal bisa diindikasikan bersertifikat halal. Kendala selanjutnya adalah produk yang digunakan masih samar-samar mengandung unsur-unsur yang bersenggolan dengan keharaman. Selain terkendala dalam masalah produk, proses penyembelihan hewan pun masih kurang diperhatikan dalam restaurant yang bersertifikat halal. Di Semarang, salah satu restaurant bernuansa Timur tengah atau arab adalah restaurant Khoja dan GH Corner. Jumlah restaurant yang bernuansa timur tengah ini sangatlah sedikit di kota Semarang ini. Selain itu restaurant ini pun sudah dibekali dengan sertifikat halal dan layak di konsumsi oleh orang-orang muslim ataupun non muslim. Dalam restaurant tersebut bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan makanannya sendiri pun tidak ada bahan-bahan yang mengandung unsur haramnya. Sebagai contoh tidak adanya diperjual belikanya miras atau Khmr.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7724 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI YIELD SPREAD OBLIGASI KONVENSIONAL DAN OBLIGASI SYARIAH DENGAN PENERAPAN ERROR CORRECTION MODEL (ECM) 2020-01-13T11:04:19+07:00 Lia Ernawati liaernawati335@gmail.com <p><em>Penelitian ini menggunakan pengujian unit root test, pengujian kointegrasi dan pengujian error correction model (ECM) beserta syarat wajib pengujian terhadap uji asumsi klasik penggunaan model ECM seperti: uji multikolineritas, uji normalitas, uji heterodasitas, dan&nbsp; uji autokorelasi untuk menganalisis adanya pengaruh yang diberikan dari faktor internal perusahaan dan juga faktor eksternal perusahaan.Model kointegrasi digunakan untuk melihat adanya pengaruh jangka panjang dari faktor internal perusahaan seperti maturitas, likuiditas dan profitabilitas maupun faktor eksternal perusahaan seperti suku bunga bank Indonesia, credit default swap, inflasi, kurs, indeks harga saham gabungan. Sedangkan ECM digunakan untuk melihat adanya pengaruh jangka pendek dari faktor internal perusahaan seperti maturitas, likuiditas dan profitabilitas maupun faktor eksternal perusahaan seperti suku bunga bank Indonesia, credit default swap, inflasi, kurs, indeks harga saham gabungan.Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian historis secara sitematis dan objektif dengan cara mengumpulkan dan mengevaluasi data. Desain data yang dipakai adalah time series desain yang merupakan bentuk dari true eksperimental design. Dalam design yang dipilih ini, kelompok yang digunakan pada penelitian tidak dapat ditentukan secara random. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan masukan bagi investor beserta pelaku stakeholder lainnya terutama pemerintah bahwa faktor-faktor dari internal maupun eksternal layak dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam melakukan investasi jangka pendek maupun panjang beserta keputusan untuk merubah regulasi.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7725 ANALISIS STRUKTUR MODAL BERBASIS GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA 2020-01-13T11:09:40+07:00 Fardilla Silfi Ulfah s.dwicahyo@yahoo.co.id Mutamimah Mutamimah mutamimah@unissula.ac.id <p><em>Penelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmenganalisispengaruhvariabelstrukturaktiva, profitabilitas, risikobisnis, dan growth terhadapstruktur modal dengan GCG sebagaivariabel moderating. Populasidalam penelitian iniadalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Melaluipurposive samping,diperolehjumlahsampel 69 perusahaan. Alatanalisisnyaadalah Moderating Regression Analysis, di manasebelumnyadilakukanujiasumsiklasik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwastrukturaktiva, risikobisnis, dan growth mampumemberikankontribusipositifbagiperusahaandalammeningkatkanstruktur modal, sedangkanprofitabilitasmampumemberikandampaknegatifbagiperusahaandalammeningkatkanstruktur modal perusahaan. GCG tidakmampumemoderasipengaruhstrukturaktivaterhadapstruktur modal. Namun GCG mampumemberikankontribusipositifdalammemediasipengaruhprofitabilitasterhadapstruktur modal dan GCG mampumemberikankontribusipositifdalammemediasipengaruhrisikobisnisterhadapstruktur modal, sertaGCG tidakmampumemberikankontribusipositifdalammemediasipengaruh growth terhadapstrukturmodal.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7726 PENGARUH MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH 2020-01-13T11:13:55+07:00 Santosa Santosa santosahadikusuma13@gmail.com <p class="IsiAbstrak">Industri keuangan syariah di Indonesia terus tumbuh dan berkembang setiap tahun. Meski keberadaan industri keuangan syariah belum sebesar industri keuangan konvensional, kehadiran Lembaga-lembaga keuangan syariah baik itu bank maupun nobank semakin diminati masyarakat. Hal ini ditandai dengan banyaknya produk dan layanan keuangan yang diluncurkan oleh lembaga keuangan syariah yang digunakan masyarakat salah satunya adalah BPRS. Penelitian ini dilakukan penyelidikan empiris ke dalam efek kuantitatif risiko kredit pada kinerja Bank Perkreditan Syariah di Yogyakarta dan Jawa Tengah periode tahun 2016-2018. Sempel yang digunakan 10 Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dipilih berdasarkan asset yang dimiliki 10 Milyar sampai dengan 50 Milyar. Teori profit tradisional digunakan untuk merumuskan profit, diukur dengan <a name="_Hlk20074627"></a>Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen risiko yang diproksikan dengan Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR),Rasio Efisiensi Operasional (REO)yaitu perbandingan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap kinerja keuangan. Analisis model panel digunakan untuk memperkirakan determinan dari fungsi keuntungan. Hasilnya menunjukkan bahwa efek dari risiko kredit pada kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah diukur dengan Return on Asset.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7727 PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING 2020-01-13T11:33:18+07:00 Faisal Riza Rahman frr.mecha@gmail.com Sunarto Sunarto sunarto@edu.unisbank.ac.id <p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel DER terhadap nilai perusahaan (TOBIN) dan menguji apakah RNOA merupakan variabel yang memediasi hubungan variabel tersebut. Sumber data sekunder diambil melalui laporan keuangan perusahaan dan “<em>Annual Report</em>” LQ45 periode 2015-2018. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda (<em>least square</em>). Hasil penelitian menunjukkan bahwa DER berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan (TOBIN). Sedangkan RNOA merupakan variabel yang memediasi pengaruh DER dan nilai perusahaan. RNOA sendiri berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (TOBIN). Rekomendasi peneliti yang akan datang : memperluas sampel perusahaan tidak hanya 42 perusahaan untuk memperkuat hasil penelitian, menambah periode sehingga dapat diperoleh gambaran lebih baik dalam jangka panjang. Penelitian selanjutnya juga dapat menggunakan variabel independen lain selain yang diuji oleh peneliti atau menambah variabel yang mempengaruhi struktur modal dan nilai perusahaan.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7728 PERAN CORPORATE GOVERNANCE INDEX DALAM MEMODERASI PENGARUH INVESTASIRESEARCH AND DEVELOPMENT, PROFITABILITAS DAN CAPITAL STRUCTURE TERHADAP KINERJA KEUANGAN 2020-01-13T11:47:25+07:00 Arianto Arianto ariyanto@unissula.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhinvestasi research and development, profitabilitas dan capital structuredalam hubungan corporate government index dan nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel menggunakan metode <em>purposive sampling</em>, total sampel yakni 28 pengamatan selama lima tahun penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi non partisipan. Teknik analisis yang digunakan adalah <em>moderated regression analysis. </em>Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa investasi research and development, profitabilitas dan capital structure dimoderasi CGPI mampuberpengaruhterhadap nilai perusahaan. Semakin tinggi skor CGPI maka semakin tinggi nilai perusahaan, terutama bagi perusahaan yang memilikiinvestasi, profitabilitas yang tinggi. KeberadaaninvestasiRnDdan profitabilitas akan memperkuat pengaruh positif antara GCG Index dan nilai perusahaan.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7729 MODEL PENINGKATAN NILAI PERUSAHAAN BERBASISCORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTURSEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG GO PUBLICDI BURSA EFEK INDONESIA 2020-01-13T11:53:14+07:00 Aisyah Nofia Wardani aisyahnofia@gmail.com <p><em>This study aims to determine how the Model of Corporate Value Enhancement Based on Corporate Social Responsibility in Manufacturing Companies that Go Public in the Indonesia Stock Exchange. The data used in this study are secondary data obtained from the IDX website with a research period from 2015-2018. Sampling was done by purposive sampling method. Disclosure of company value using Price to Book Value (PBV) and CSR disclosure using CSR index (CSRI). The analytical method in this study uses multiple regression analysis and moderation regression analysis. In this study the significance level used was 0.05. The results showed that the leverage and CSR variables together had a significant effect on firm value. Based on the results of the t test, the results show that the leverage and CSR variables partially have a significant effect on firm value and CSR as a moderating variable is able to moderate the effect of leverage on firm value.<br> <br> </em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7730 PERAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM KREATIF DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MELALUI PERTUMBUHAN USAHA 2020-01-13T12:06:45+07:00 Reza Widhar Pahlevi rezawp@uii.ac.id Eko Prasojo ekoprasojo60@gmail.com <p><em>Tax revenues from MSMEs only contribute around 5% of the total tax revenue amounting to Rp1,315.9 trillion in 2018. Tax regulations that are strictly enforced force MSMEs to comply. MSMEs that comply with paying taxes have been balanced by providing various facilities that have an impact on the opening of opportunities for MSMEs to increase their business growth. Good business growth will produce competitive advantage. This study aims to analyze the effect of tax literacy on competitive advantage through the growth of MSME businesses. This study uses data from 269 Creative MSMEs in Yogyakarta. The statistical tool used in this study is Partial Least Square. The results of the study found that tax literacy had a positive and significant effect on business growth. This is indicated by the path coefficient of 0.727, the value of t count of 12.606, and the significance of 0.000. The results of the study also found that business growth and competitive advantage had the results of path coefficient statistics of 0.645, the value of t count was 10.375, and the significance of 0.0000. This means that business growth has a positive and significant influence on competitive advantage in Creative MSMEs in Yogyakarta. Another finding in this study was the business growth mediating the influence of tax literacy on competitive advantage in Creative MSMEs in Yogyakarta. This is shown in the results of the path coefficient of 0.469, with z count of 8.011 and significance of 0.000. The results of this study are expected to open the horizons of Creative MSMEs in Yogyakarta on the importance of understanding tax literacy in achieving sustainable competitive advantage</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7737 PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN EFIKASI GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DIMODERASI BUDAYA ORGANISASIONAL 2020-01-16T09:17:01+07:00 Sofyan Arifiyandi 1Sofyan_arief72@gmail.com Sunarto sunarto sunarto@edu.unisbank.ac.id <p>Penelitian ini untuk menguji Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Efikasi Guru Terhadap Pengelolaan Kelas di Moderasi Budaya Organisasional. Populasi dan sampel penelitian adalah pada Guru SMK Se_Kec Ampelgading Kab Pemalang. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan kuesioner. Metode penelitian menggunakan pendekatan <em>computer software</em> dengan program SPSS for Windows. Adapun metode analisis data menggunakan <em>Moderation Regression Analisys</em> (<em>MRA</em>) tipe <em>quasi moderator</em>. Dari uji data dan analisis yang dilakukan, penelitian ini memberikan bukti empiris sebagai berikut:&nbsp; kompetensi profesional mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan kelas, efikasi guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan, budaya organisasional tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas, supervisi akademik memperkuat hubungan kompetensi profesional dengan kinerja guru, supervisi akademik memoderasi terhadap hubungan komitmen profesional dengan kinerja guru</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7739 PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SELF-EFFICACY GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DIMODERASI SUPERVISI AKADEMIK (Studi Pada Guru di SMK Sub Rayon 03 Kota Semarang) 2020-01-16T09:28:14+07:00 Mustafit[ Mustafit[ afit.mustafit@gmail.com R Basiya rbasio@gmail.com <p>This study aims to: examine and analyze the effect of pedagogical competence on classroom management; examine and analyze the influence of teacher’s self efficacy on classrom management; examine and analyze the effect of academic supervision on classrom management; examine and analyze the influence of moderation on variable pedagogic competence to classroom mangement; examine and analyze the influence of moderation on variable self-efficacy to classroom mangement. &nbsp;This research uses a quantitative approach. The population are 105 people. Samples were taken using sensus. The techniques of data analyze use multiple linier analyze model test; R<sup>2</sup> test, the hypothesis test use t test<em>.</em> The results of the test are as follows: pedagogical competence has positive effect toward classroom mangement;teacaher’s self-efficacy has positive effect toward classroom management; academic supervision&nbsp; is has not effect toward classroom management; academic supervision moderates pedagogical competence toward classroom management; academic supervision doesn’t moderate teacher’s self-efficacy toward classroom mangement;</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7740 GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI MODERATOR PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN EFIKASI DIRI GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS (Studi pada Guru PNS di SMA Negeri Sub Rayon 2 Kota Semarang) 2020-01-16T09:39:03+07:00 Sri Winarsih sriwinarsih69@yahoo.com Yang Vania Florentina Santoso lieliana@edu.unisbank.ac.id Lie Liana lieliana@edu.unisbank.ac.id <p><em>Penelitian ini </em><em>bertujuan </em><em>untuk </em><em>menganalisis</em><em> pengaruh kompetensi pedagogik dan </em><em>efikasi diri guru</em><em> terhadap </em><em>pengelolaan kelas </em><em>dimoderasi </em><em>gaya kepemimpinan transformasional. Lokasi Penelitian adalah di</em><em> SM</em><em>A</em> <em>N</em><em>egeri</em><em> Sub Rayon 2 Kota Semarang. </em><em>Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SM</em><em>A</em> <em>N</em><em>egeri di </em><em>Sub Rayon 2 Kota Semarang </em><em>yang berjumlah </em><em>123</em><em> orang. </em><em>Semua anggota populasi dijadikan obyek penelitian. P</em><em>enelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan</em> <em>instrumen</em><em> kuesioner.</em><em> Pengolahan data dilakukan dengan Program SPSS versi 23.</em><em> Teknik analisis menggunakan </em><em>analisis regresi liner &nbsp;berganda. </em><em>Uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji R<sup>2</sup> dan uji t</em><em>. </em><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi</em><em>k tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas,</em> <em>efikasi diri guru </em><em>berpengaruh positif</em><em> dan signifikan</em><em> terhadap </em><em>pengelolaan kelas,</em> <em>gaya kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Selain itu diperoleh&nbsp; gaya &nbsp;kepemimpinan transformasional tidak </em><em>memoderasi pengaruh kompetensi p</em><em>edagogik</em><em> terhadap</em><em> pengelolaan kelas serta</em> <em>gaya kepemimpinan transformasional tidak memoderasi</em> <em>&nbsp;pengaruh efikasi diri guru</em><em> terhadap </em><em>pengelolaan kelas</em><em>.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7741 PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN EFIKASI DIRI GURU TERHADAP PENGELOLAAN KELAS DIMODERASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL 2020-01-16T09:46:56+07:00 Siwi Hadiarsi hadiarsisiwi@gmail.com Mohammad Fauzan mohammadfauzan@edu.unisbank.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional dan efikasi diri guru terhadap pengelolaan kelas&nbsp; dimoderasi kepemimpinan transformasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA swasta di Sub Rayon 04 kota Semarang yang berjumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan kuesioner.Teknik analisis data menggunakan regresi moderasi &nbsp;model interaksi &nbsp;dengan bantuan program statistik SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Efikasi diri guru tidak berpengaruh&nbsp; terhadap pengelolaan kelas. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memperlemah pengaruh kompetensi profesional terhadap pengelolaan kelas. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memperkuat pengaruh efikasi &nbsp;diri guru terhadap pengelolaan kelas .</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7754 TEKNOLOGI DIGITAL DAN PEREKONOMIAN INDONESIA 2020-01-23T09:29:25+07:00 Franky Ariyadi cisadane@yahoo.com <p>Teknologi Digital (TD) bergerak lebih maju, lebih jauh dibandingkan dengan apa yang dibayangkan. TD tidak hanya bergerak dari perbankan tradisional ke dunia digital semata, tapi menyebar ke hampir seluruh aspek kehidupan manusia.Dalam industri perbankan, TD ini merupakan perubahan yang sangat penting: bagaimana bank-bank dan lembaga keuangan lainnya mempelajarinya, berinteraksi dan memuaskan nasabah. Suatu tranformasi digital yang efektif dimulai dengan pemahaman perilaku nasabah digital, pilihan utama, kesukaan dan yang tidak disukai, disampaikan atau tidak, aspirasi, dan lain sebagainya.Dan transformasi ini memimpin sebagian besar perubahan organisasi, dari produk-sentris ke sudut pandang nasabah-sentris.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7756 PENGARUH KOMPETENSI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN CAREER PLATEAU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal) 2020-01-23T09:39:40+07:00 Dina Arsita Widiari wdinaarsita@yahoo.co.id Endang Tjahjaningsih naning@edu.unisbank.ac.id <p><em>This study is to examine the Effect of Competence and Organizational Commitment on Job Satisfaction with Career Plateau as Mediation Variables. The population and research sample are Civil Servants in the Kendal District Government Environment. Research data are primary data obtained directly from respondents with a questionnaire. The research method uses a computer software approach with the SPSS for Windows program. The data analysis method uses Product of Coeffisient (Sobel Test).From the test data and analysis conducted, this study provides empirical evidence as follows: competence has a positive and significant influence on career plateau, organizational commitment has a positive and significant effect on career plateau, competence has a positive and significant effect on job satisfaction, organizational commitment has positive and significant effect on job satisfaction, career plateau has a positive and significant effect on job satisfaction, career plateau mediates the effect of competence and organizational commitment on job satisfaction</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7757 PENGARUH KOMPETENSI DAN PERSON ORGANIZATION FIT (PO- FIT)TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MODERASI BUDAYA ORGANISASI (STUDI PADA KARYAWAN BPJS KETENAGAKERJAAN SEMARANG RAYA) 2020-01-23T09:46:31+07:00 Susila Meitasari Indriyati meitha08@gmail.com <p><em>This study aims to determine the Influence of competency and Person Organization Fit on Performance with Organizational Culture as moderating variable. This research was conducted on employees of BPJS Ketenagakerjaan Semarang Raya (Semarang Pemuda Branch Office, Ungaran Branch Office and Semarang Majapahit Branch Office) with a total sample of 116 people. The </em><em>analysis</em><em> method is a quantitative analysis method, using </em><em>double linear </em><em>regression, hypothesis</em><em> test</em><em> and</em><em> moderation</em><em> test</em><em> by seeing</em><em> the interaction between the independent variable and the moderating variable. The results of this study, competency variable and Person Organizational Fit variable have a positive and significant effect on the performance of BPJS Ketenagakerjaan in Semarang Raya, while organizational culture has proven to moderate the influence of competency and Person Organization Fit on the performance of BPJS Ketenagakerjaan at Semarang Raya. Based on these results, to improve performance, it is expected that BPJS Employment can continue to improve competency through appropriate training for its employees, and consider a person organization fit approach to the employee recruitment process and create a Organizational Culture blueprint that is used in the long term and conducts internalization</em><em> of </em><em>Organizational Culture on an ongoing basis.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7767 ANALISIS KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN MODERASI LINGKUNGAN KERJA 2020-01-30T09:18:04+07:00 Sugiarto Sugiarto sugiartoips@gmail.com Agus Budi Santosa agusbudi@edu.unisbank.ac.id Sri Isnowati isnowati@edu.unisbank.ac.id <p>This study aims to analyze the effect of "Quality of Working Life and Work’s Discipline on Perfomance Moderated Work Environment". In this study the population was 144 people, while the samples taken were 144 people as respondents with census techniques. With the criteria of all PNS teachers in the Public Middle School as far as Wonotunggal and Bandar District, Batang Regency. Test the hypothesis in this study using regression analysis. Based on the results of the study it can be concluded as follows: (i) Quality of Working Life Quality of Working LifeQuality of Working LifeQuality of Working LifeQuality of Working Quality of Working LifQuality of Working Life Quality of Working Life has a positive and significant effect on Class Management, (ii) Work’s Discipline has&nbsp; effect positive and significant on Performance, (iii) Work Environment has effect positive and signifikan on &nbsp;Performance, (iv) Work Environment does moderating the effect of&nbsp; Quality of Working Life on Performance, and (v) Work Environment does not moderate the influence of Work’s Discipline on &nbsp;Performance.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7769 PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK SUMUT CABANG STABAT 2020-01-31T10:39:13+07:00 Ezza Chairurrizqie ejakofficial@gmail.com <p><em>Perusahaan yang menginginkan efektifitas dan efisiensi yang tinggi memerlukan sumber daya manusia yang mampu untuk berfikir kritis, terampil dalam persaingan dan mampu bertindak cepat. Untuk itulah perusahaan diharuskan untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia yang akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan.&nbsp;&nbsp; Tujuan penelitian adalahuntuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dari perusahaan PT. Bank Sumut Cabang Stabat yang berjumlah 98 karyawan.</em><em>dan menggunakan SEM (Structure Equation Modelling) by using SmartPLS 3.0.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7770 PENYERAPAN ANGGARAN PADA SATUAN KERJA BIDANG KEUANGAN POLDA JAWA TENGAH PERIODE TAHUN ANGGARAN 2016 - 2018 2020-01-31T10:55:16+07:00 Sri Rukiyati srirukiyati75@gmail.com Gregorius Nasiansenus Masdjojo masdjojo@edu.unisbank.ac.id <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran dan Sumber Daya Manusia merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penumpukan Penyerapan Anggaran pada akhir Tahun Anggaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling yaitu para pejabat pengelola keuangan pada satuan kerja Bidang Keuangan Polda Jawa Tengah. Metode analisa data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linear guna menganalisis pengaruh variabel Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran dan Sumber Daya Manusia terhadap Penyerapan Anggaran pada akhir Tahun Anggaran. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Perencanaan Anggaran (X1), Pelaksanaan Anggaran (X2) dan Sumber Daya Manusia (X3) secara signifikan berpengaruh positif terhadap Penyerapan Anggaran Belanja (Y) pada akhir Tahun Anggaran.</em>&nbsp;</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7771 PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2015-2018) 2020-01-31T11:08:49+07:00 Shania Sadhana Puja jwidiatmoko@edu.unisbank.ac.id Jacobus Widiatmoko jwidiatmoko@edu.unisbank.ac.id MG. Kentris Indarti jwidiatmoko@edu.unisbank.ac.id <p><em>This study aims to examine the effect of corporate governance mechanisms on firm value in the perspective of agency theory. The corporate governance mechanism in this study is divided into four variables, namely institutional ownership, managerial ownership, audit committee, and independent commissioners. This study uses all manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2018 as a population. By using purposive sampling method, 216 data were obtained. The test results using multiple linear regression analysis, showed that the audit committee and the independent commissioner had a significant positive effect on firm value. Meanwhile, the variable institutional ownership, managerial ownership does not affect the value of the company. These results prove that the existence of an independent audit committee and commissioners is able to minimize agency conflicts, so that the market responds positively.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7772 PENGARUH GAJI, BERBAGI PENGETAHUAN, DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP PERILAKU KEWARGANEGARAAN ORGANISASIONAL PERSPEKTIF ISLAM (OCBIP) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA PT. DIANSURYA GLOBAL) 2020-01-31T11:14:33+07:00 Fikri Ainun Muttaqin fikriainunmuttaqin@gmail.com <p><em>Sebagian besar penelitian mengenai OCB yang ada dilakukan dengan dasar sistem nilai Barat dan sedikit sekali yang mempertimbangkan sudut pandang Muslim. Maka, penelitian ini menekankan pada sudut pandang Muslim atas perilaku OCB yang disebut sebagai Organizational Citizenship Behavior Islamic Perspective (OCBIP).</em><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaji, berbagi pengetahuan, dan budaya organisasional terhadap OCBIP dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi di PT. DianSurya Global Tangerang.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel penelitian ini sejumlah 150 karyawan&nbsp; PT. DianSurya Global Tangerang denganmenggunakan teknik puposive sampling.Analisis </em><em>data </em><em>dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software smart-PLS yang menggunakan pendekatan soft modelling. </em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7773 STRATEGI BERSAING TOKO RITEL “Strategi Digitalisasi Rantai Pasokan Pamella Supermarket Yogyakarta” 2020-02-03T10:41:17+07:00 I Gede Andri Setiawan gedeandri18@gmail.com <p>Ritel modern semakin lama semakin berkembang. Hal ini mendorong persaingan dunia bisnis yang sangat ketat. Dalam mencapai daya saing, pasar industri ritel juga harus segera merespon dengan strategi bersaing yang inovatif terhadap perubahan perilaku konsumen saat ini.Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah proses bisnis, terlebih dalam pengelolaan rantai pasokan. Kinerja rantai pasokan sering ditandai dengan kolaborasi antara kinerja realtime dan integrasi canggih. Dengan adanya teknologi, seluruh proses bisnis dapat dikontrol secara komputerisasi. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara induktif untuk memperoleh data yang bersifat menyeluruh dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara dengan pihak manajemen Pamella Supermarket Yogyakarta. Setelah data terkumpul dilanjutkan dengan reduksidan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkanstrategi bersaing yang di terapkan Pamella melalui digitalisasi rantai pasokan dapat meningkatkan daya saing perusahaan terutama pada penetapan harga.</p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7774 PERAN EMPATHY LEADERSHIP DALAM MENGATASI BEBAN KERJA DAN KONFLIK KERJA 2020-02-03T10:47:05+07:00 Teguh Pramono teguhpramono99999@gmail.com Olivia Fachrunnisa olivia.fachrunnisa@unissula.ac.id <p><em>Pihak-pihak yang terkait dalam jasa konstruksi baik pemilik, konsultan, kontraktor maupun instansi pemerintah dan swasta di tuntut untuk bekerja secara baik dan profesional serta mereka dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas kerjanya. Banyak faktor-faktor yang berhubungan dengan pemimpin terhadap keberhasilan proyek seperti halnya empathy leadership yang berhubungan positif dengan kualitas kerja. Usaha lain untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan diantaranya adalah dengan memperhatikan adanya konflik dan beban kerja. Konflik dan beban kerja yang dikelola dengan baik akan menjadikan karyawan berkembang dengan baik dan meningkatkan kualitas kerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran empathy leadership dalam mengatasi beban kerja dan konflik kerja terhadap kualitas kerja.Metode penelitian ini adalah penelitian survei dan analitik &nbsp;yang dilakukan pada 157 responden dan dilakukan uji pengaruh dengan menggunakan software Amos 21.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh </em><em>beban kerja</em><em> terhadap </em><em>kualitas kerja</em><em> secara signifikan, terdapat pengaruh </em><em>konflik kerja terhadap </em><em>kualitas kerja</em><em> secara signifikan. Ada pengaruh </em><em>empathy leadership sebagai moderasibeban kerja dan konflik kerja</em><em> terhadap kualitas kerja secara signifikan.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ncab/article/view/7775 FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELANJA MODAL PADA KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH 2020-02-03T12:19:23+07:00 Wiwik Nur Hidayah wiwiknurhidayah36@gmail.com Maryono Maryono maryono@edu.unisbank.ac.id Batara Daniel Bagana batara@edu.unisbank.ac.id <p><em>Capital expenditure has an important role because it has a long-term benefit to provide services to the public. So the central government should provide more activities or programs to the local government so that the program can prosper and advance the local government. This study aims to examine and analyze the effect of Local Generated Revenue, Profit Sharing Fund, General Allocation Fund, Specific Allocation Fund, Financing of Capital Expenditures in Regencies / Cities in Central Java Province in 2015-2017.The sample in this study covers all Regencies / cities in Central Java province during 2015-2017 as many as 105 data. The analysis tools used are normality test, classical assumption test, multiple linear regression test, and model test.The result showed that the Local</em><em> Generated Revenue, Profit Sharing Fund, General Allocation Fund, Specific Allocation Fund and Financing has a significant positive impact on capital expenditure.</em></p> 2019-12-31T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##