ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TENGAH

  • 12.42.02.0037 Sonny Widya Caksonko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, dan komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja untuk meningkatkan kinerja pegawai. Penggunaan variabel-variabel tersebut berdasarkan hasil penelitian terdahulu, yaitu : McNeese Smith (1996); Jae (2000); dan Challagalla dan Shervani (2006).

Penelitian ini dilakukan di Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, responden yang digunakan sebanyak 192 pegawai, menggunakan analisis regressi dengan software SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan, motivasi kerja, dan komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai.

Pengaruh dari kepemimpinan terhadap kepuasan kerja adalah 0,296; pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja adalah 0,326; pengaruh dari komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja adalah 0,354; pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai adalah 0,169; pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai adalah 0,158, pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai adalah 0,201; dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai adalah 0,352.

Kata Kunci : kepemimpinan, motivasi kerja, komitmen organisasional, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed