PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSIPROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPEMIMPINAN SEBAGAI MODERASI ( StudiPadaSMA Negeri di Kecamatan Demak Kab.Demak)

  • 12.5202.0155 Rohadi
  • Tristiana Rijangti

Abstract

Pengumpulan data denganmetodesensusdari 137 orang guru respoden di SMA NegeriKecamatanDemakKabupatenDemak.Tehnikpenelitian yang dipakaiadalahmetodepopulasi .Tehnikpengujian data yang digunakandalampenelitianinimeliputiujivaliditas, ujireliabilitas, analisisregresiberganda, uji model, uji t danujimoderasiuntukmengujidanmembuktikanhipotesispenelitian.

Hasilujivaliditasmenunjukkannilai KMO variabelkedisiplinan 0,759 untukvariabelkompetensiprofesional 0,703 untukvariabelkepemimpinan 0, 720  ,  maka data tersebutdinyatakan valid karena KMO nilainya di atas 0,5. HasilujireliabilitasnyamenunjukkanangkaAlpha Cronbachuntuk fariabel kedisiplinan 0,786 , untukvariabelkompetensiprofesional 0,933, untukvariabelkepemimpinan 0,947 untukvariabelkinerja 0, 883, maka data tersebutdinyatakanreliabelkarenaAlpha Cronbachnilainya di atas 0,7.

Berdasarkan hasil dari analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru , kompetensi profesional  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, kepemimpinan memoderasi pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja signifikasinya 0,094 melebihi dari 0,05 sehingga memperlemah. Kepemimpinan memoderasi pengaruh Kompetensi profesional terhadap kinerja signifikasinya 0,000 lebih kecil dari 0,05.sehingga memperkuat

Kata Kunci : Kedisiplinan,KompetensiProfesional, KepemimpinanKepalasekolah , danKinerja

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed