ANALISIS PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA BELLBOY DI HOTEL GRASIA SEMARANG

  • Arfian Adi
  • Azis Nur Rosyid

Abstract

Bellboy merupakan salah satu seksi dari departemen kantor depan   (Front Office) yang berada paling depan di area lobby hotel yang berada di counter concierge. Pada counter concierge terdapat Bellboy dan Doorman, dimana pada saat tamu tiba di hotel mereka bertugas  membukakan pintu mobil tamu dan kemudian greeting, membawakan barang bawaan tamu bila ada, membukakan pintu lobby hotel kemudian tamu diantar ke counter receptions untuk melakukan registrasi, mengantar tamu check in menuju kamarnya dan  menangani barang bawaan tamu pada saat check out bila tamu membutuhkan bantuan Bellboy Kendala yang dihadapi oleh bellboy pada saat bertugas salah satunya adalah pekerjaan utama tidak dapat diselesaikan dengan maksimal dan dipengaruhi juga oleh jumlah bellboy yang terbatas dan kondisi tersebut kalau terlalu lama dibiarkan akan berakibat pada penurunan kinerja bellboy sehingga manajemen perlu meningkatkan kinerja bellboy dengan pelatihan karyawan  (bellboy), memperjelas job decription dan penambahan sumber daya atau pemberian penghargaan untuk sumber daya yang berprestasi

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed