ANALISIS TEKNIK PROMOSI PADA TELEPHONE OPERATOR DI FRONT OFFICE DEPARTMENT

  • Fonny Silvia
  • Azis Nur Rosyid

Abstract

Hotel adalah salah satu bentuk akomodasi bagi wisatawan yang menyajikan sarana dan fasilitas yang memadai. Hotel selain memberikan fasilitas penginapan, makan, minum, sarana rekreasi juga menyediakan sarana telekomunikasi. Di dalam hotel terdapat beberapa departemen, salah satunya Front Office Department. Dimana Front office Department terdiri dari beberapa bagian/ section dan salah satunya adalah Telephone Operator Section yang mempunyai peran penting dalam pelayanan jasa telepon, baik yang berada di dalam maupun di luar hotel. Selain itu Telephone Operator juga mempunyai tugas untuk melakukan promosi untuk membantu bagian marketing.

Tipe Penelitian tugas akhir ini adalah deskriptif. Spesifikasi penelitian dengan cara deskriptif kualitatif. Deskriptif merupakan cara penyajian data dan kualitatif adalah cara analisis data. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Untuk memperoleh data penulis menggunakan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi.

Dalam operasional pelaksanaan teknik promosi yang dilakukan oleh telephone operator harus sesuai dengan batasan yang telah ditentukan pihak manajemen. Batasan yang perlu diperhatikan yaitu : Memperkenalkan, menginformasikan, menawarkan, mempengaruhi tamu untuk menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di hotel, dan memperhatikan customer need and want, serta memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan ramah, sehingga tamu merasa puas selama menginap di hotel.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil suatu kesimpulan bahwa teknik promosi yang dilakukan Telephone Operator telah berhasil dalam menjalankan tugasnya untuk membantu marketing sehingga tamu merasa puas. Kepuasan tamu dapat didasarkan pada kualitas pelayanan fasilitas maupun kualitas pelayanan dari karyawan hotel

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed