PELATIHAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK AKTIVITAS PENGAJARAN PADA GURU SEKOLAH MINGGU
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran Guru Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Banyumanik melalui pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI). Guru Sekolah Minggu menghadapi kendala dalam menciptakan bahan ajar yang menarik dan relevan karena keterbatasan sumber daya dan teknologi. Pelatihan ini memberikan keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar yang interaktif dan adaptif serta menggunakan alat evaluasi berbasis AI untuk memberikan umpan balik instan kepada siswa. Metode pelatihan mencakup analisis kebutuhan, pengembangan kurikulum, sesi praktek, dan pendampingan. Dengan mengintegrasikan AI, diharapkan para guru mampu menyajikan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, yang dapat memperkuat fondasi spiritual anak-anak. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi, serta tanggapan positif dari siswa dan orang tua.