POTENSI DESTINASI WISATA DI INDONESIA MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI

  • Iwan Setiawan

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang terdiri dari sea, sun,
sand and mainland yang memungkinkan untuk dijadikan sumber devisa negara. Bagi daerah-daerah
yang dianugrahi sumber daya alam yang eksotis tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi
dalam memberikan devisa bagi daerahnya guna menuju kemandirian daerah. Permasalahan yang
terjadi bagaimana upaya memasarkan sumber daya alam yang terdiri dari sea, sun, sand and mainland
yang melimpah itu menjadi aset yang dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah
setempat, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan daerah tersebut menjadi
tempat kunjungan wisata yang berkelanjutan. Sektor pariwisata merupakan industri yang digerakan
oleh pasar. Untuk memasarkan produk wisata tersebut diperlukan adanya keterlibatan semua pihak
yang terlibat dalam pengelolaan wisata mulai dari pengelola wisata, pemerintah, dan masyarakat.
Strategi yang dapat digunakan dalam memasarkan pariwisata dapat dilakukan create unique
product,develop new attractions, bentuk overseas tourist Information centre, branding, dan
promotion.
Kata kunci : Sumber daya, kemandirian daerah, pemasaran wisata, strategi pemasaran

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed