REVIEWATAS ANALISIS SENTIMEN PADA TWITTER SEBAGAI REPRESENTASI OPINI PUBLIK TERHADAP BAKAL CALON PEMIMPIN

  • Ahmad Afief Amrullah
  • Ahmad Tantoni
  • Nahrowi Hamdani
  • Rahmat Taufik R.L. Bau
  • Muhammad Rafiqudin Ahsan
  • Ema Utami

Abstract

Mengamati perkembangan Opini Publik kini dapat dengan mudah dilakukan dengan mengamati Media Sosial.). Termasuk ke dalam Media Sosial terdapat Jejaring Sosial atau mungkin lebih
akrab di telinga kita nama Facebook dan Twitter sebagai contoh jejaring sosial yang paling populer di Indonesia khususnya. Pada akhirnya, fenomena ini dapat dimanfaatkan bagi elite
politik atau pada makalah ini kami batasi pada bakal calon gubernur, dengan memanfaatkan sistem informasi untuk mengelola data sentimen pada jejaring sosial sebagai representasi opini
publik terhadap bakal calon sebagai bahan pertimbangan yang selanjutnya disebut Sistem Analisis Sentimen Publik. Namun demikian, masalah baru timbul saat sistem analisis sentimen
tersebut dihadapkan pada kenyataan di Twitter. Terdapat beberapa masalah yang cukup urgen (tujuan) yaitu terkait dengan adanya duplikasi post, duplikat akun, BOT (program pengirim post
otomatis) dan uraian preprocessing dalam berbagai versi subprosesnya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu cara untuk menyaring data tweet yang memiliki salah satu bahkan ketiga
masalah tersebut. Makalah ini membahas tentang metode yang dapat digunakan untuk memproses data tweet agar setidaknya ketiga masalah tersebut dapat diatasi. Sejauh penelusuran
kami, salah satu proses dari sistem analisis sentimen publik yang terkait dengan hal ini adalah preprocessing.


Kata Kunci: opini publik, analisis sentimen, jejaring sosial, twitter, preprocessing

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed