TINGKAT ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI SISTEM M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA TINGKAT SMA

  • Yulius Hari
  • Darmanto .
  • Minny Elisa Yanggah

Abstract

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa resmi yang diakui oleh PBB. Di Indonesia,
kebutuhan akan kemampuan bahasa ini juga mulai terlihat. Struktur kurikulum 2013 saat ini,
dalam kelompok peminatan bahasanya, mata pelajaran bahasa mandarin sebagai salah satu
alternatif pilihannya. Sementara itu permasalahan utama dari pembelajaran bahasa ini selain
pada terbatasnya sumber daya guru, kesulitan intonasi dan pelafalan Mandarin juga menjadikan
kesalahan umum dalam pembelajaran bahasa ini. Dengan perkembangan teknologi saat ini sudah
tersedia system pembelajaran berbasis Mobile Learning (M-Learning) yang mampu mengatasi
jembatan kesulitan bahasa tersebut, namun sejauh manakah system ini mampu diadaptasi oleh
pengguna terutama dalam tingkat pendidikan formal disekolah masih terus dipertanyakan.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dimana mencoba untuk menggali dan mengkaji
pemanfaatan system mobile learning guna menunjang proses pembelajaran bahasa Mandarin.
Dalam hal ini, pengaruh aspek kemanfaatan dari system mobile learning diukur menggunakan
pendekatan tingkat adopsi inovasi teknologi yang digunakan oleh para pembelajar baik guru
maupun siswa pada tingkat pendidikan SMA. Sebagai sample dalam penelitian ini, diujicobakan
pada siswa SMA di Surabaya dan juga guru pada sekolah tersebut yang telah menerapkan sistem
pembelajaran ini. Hasil dari feedback dikumpulkan dalam bentuk kuisioner dalam skala likert,
yang kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisis data dengan
pendekatan model persamaan struktural (structural equation modeling).

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed