ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN BUKIT DARMO GOLF SURABAYA

  • Suparto .
  • Elok Wanodya

Abstract

PT. Adhibaladika Agung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembang property dan lapangan golf.
Salah satu unit usaha yang ada pada PT. Adhibaladika Agung adalah unit usaha penyediaan layanan makanan
(restoran). Masalah pelayanan apabila kurang diperhatikan maka dapat menimbulkan hal-hal yang rawan karena
sifatnya yang sangat sensitif. Demikian juga dengan pelayanan restoran yang ada di Bukit Darmo Golf Surabaya.
Meskipun sistem pelayanannya sudah didukung oleh kualitas pelayanan, fasilitas yang memadai dan etika atau tata
karma yang baik tetapi dirasa masih belum cukup memberikan kepuasan kepada konsumen (pelanggan). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen restoran
Bukit Darmo Golf Surabaya. Dimensi jasa (layanan restoran) yang digunakan dalam penelitian ini adalah;
Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles. Dengan menggunakan metode Analisa Regresi
Linear Berganda didapatkan hasil bahwa dimensi Reliability dan Responsiveness di restoran Bukit Darmo Golf
Surabaya mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kepuasan konsumen restoran. Baik secara uji serempak
dan uji parsial kelima dimensi tersebut, yaitu; tangible (X1), realibility (X2), responsiveness (X3), assurance(X4), dan
emphaty(X5) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen restoran (Y).
Kata kunci : Kepuasan Konsumen, Dimensi Jasa dan Analisa Regresi Linier Berganda

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed