PENGARUH CSR DISCLOSURE DAN GCG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (2012-2014)

  • Santoso Wibowo
  • Yokhebed .
  • Lambok DR Tampubolon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan CSR dan GCG pada nilai perusahaan dan kinerja keuangan sebagai variabel intervening.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan metode populasi, untuk perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2012-2014.
metode analisisnya adalah regresi linear simultan untuk menguji panel CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan sebagai variabel intervening.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, GCG tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, CSR dan GCG tidak berpengaruh pada kinerja
keuangan, GCG mempengaruhi nilai perusahaan melalui kinerja keuangan, dan CSR memiliki tidak berpengaruh pada nilai perusahaan melalui kinerja keuangan sebagai variabel intervening,


Kata Kunci: CSR Disclosure, Good Cooperate Governance, Nilai perusahaan, Kinerja keuangan.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed