ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PEMODELAN KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING
Egia Rosi Subhiyakto
Danang Wahyu Utomo
Abstract
Pengembangan sebuah perangkat lunak tidak terlepas dari peran seorang analis. Salah satu tugas analis adalah
memodelkan masalah dalam tahapan analisis. Dalam memodelkan, analis biasanya menggunakan alat bantu berupa
aplikasi pemodelan kebutuhan perangkat lunak. Aplikasi pemodelan yang tersedia di pasaran relatif komplek dan
mahal. Hal tersebut menyebabkan analis mengalami masalah dalam memodelkan kebutuhan, khususnya untuk
seorang analis pemula. Analis pemula biasanya kesulitan menerapkan pengetahuan mereka apabila aplikasi yang
digunakan terlalu komplek dan sulit dipahami. Aplikasi yang tersedia juga lebih banyak ditujukan untuk dunia
industri, dan jarang sekali aplikasi yang ditujukan untuk pendidikan. Dalam paper ini bertujuan untuk menganalisis
dan merancang sebuah aplikasi pemodelan kebutuhan perangkat lunak. Aplikasi yang dirancang ditujukan untuk
dunia pendidikan dan dimaksudkan membantu analis pemula dalam memahami sintak-sintak khusunya dalam
diagram UML (Unified Modeling Language). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode
prototyping. Penggunaan metode ini adalah untuk mendapatkan umpan balik yang cepat dari pengguna, membantu
analis pemula dalam menentukan kebutuhan pengguna yang sebenarnya, dan evaluasi dapat dilakukan berkali-kali.
Penelitian ini menghasilkan usulan hasil analisis dan perancangan aplikasi pemodelan kebutuhan perangkat lunak
berorientasi objek.
Kata Kunci: Analisis, Perancangan, Pemodelan, Kebutuhan, Perangkat Lunak
DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed