MODEL APPRECIATIVE LEARNING UNTUK PERANCANGAN REWARD PADA GAME PENDIDIKAN
Hanny Haryanto
Acun Kardianawati
Umi Rosyidah
Abstract
Reward adalah elemen dari game yang sangat penting untuk membentuk pengalaman positif dan motivasi bagi
pemain. Reward dalam suatu game pendidikan memegang peranan penting dalam menjaga motivasi pembelajar dan
memberikan evaluasi dari apa yang dikerjakan. Namun perancangan reward seringkali masih tidak terkonsep dengan
baik, acak dan bersifat subjektif. Penelitian ini menggunakan model Appreciative Learning, yang terdiri dari tahapan
Discovery, Dream, Design dan Destiny, untuk melakukan perancangan reward. Model Appreciative Learning
merupakan konsep pembelajaran yang didasarkan pada konsep Appreciative Inquiry, berfokus pada hal-hal positif
seperti puncak pencapaian, peluang, eksplorasi potensi dan optimisme masa depan, sehingga model ini cocok
digunakan dalam perancangan reward. Dengan menggunakan model Appreciative Learning, reward dalam game
dapat dirancang dengan lebih terstruktur, mempunyai konsep yang jelas dan objektif. Appreciative Learning akan
digunakan untuk menentukan dan mengelompokkan jenis reward yang akan diberikan. Model yang terbentuk memiliki
aktivitas reward yang sesuai dengan tahapan-tahapan dalam Appreciative Learning dan dapat memberikan kerangka
dalam perancangan reward pada game pendidikan.
Kata Kunci: game pendidikan, reward, Appreciative Learning, perancangan game, model
DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed