STRATEGI MENGEMBANGKAN DESA WISATA

  • Firman Syah

Abstract

Keberadaan desa wisata saat ini memiliki daya pikat yang baik. Bukan saja karena Indonesia terdiri dari beragam tradisi dan kebudayaan, namun kekayaan alam yang terbentang antara desa satu dengan desa yang lain memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Sehingga ketika wisatawan mencoba untuk mengetahui lebih dalam salah satu desa wisata di Indonesia, sudah barang tentu akan mengunjungi. Peneliti menggunakan metode studi pustaka dengan analisis eksplanasi terhadap kebijakan pemerintah tentang pariwisata, terutama desa wisata. Sebagai desa wisata memiliki potensi alam antara lain pegunungan, agro, pantai, budaya, sejarah, dan lain sebagainya. Peluang desa wisata ini harus mengedepankan konsep Bhinneka Tunggal Ika yang mencerminkan keberagaman kebudayaan, tradisi, keindahan alam, kerajinan dan lain yang sebagai identitas kemudian menjadi satu konsentrasi destinasi wisata tanpa adanya persaingan dalam merebut wisatawan. Untuk itu setiap desa dapat memaksimalkan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Namun, memutuskan konsep desa wisata dapat dimulai dari tingkat RT hingga kepala desa dengan tetap menerima masukan dan pandangan camat serta walikota/bupati setempat. Dilanjutkan dengan pembinaan masyarakat yang diharapkan ekonomi desa juga ikut maju. Kata Kunci: Desa Wisata, Strategi Pengembangan, dan Peluang.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed