PENGUKURAN KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DENGAN BAL DI KASUSPADALAPORAN BI PERIODE 2009-2015
Agus Murdiyanto
Batara Daniel Bagana
Abstract
Pertumbuhan perbankan di Indonesia terjadi pesat sejak Pakto 88 dimana pada saat itu pemerintah
mempermudah pendirian bank baru sampai dengan menjelang krisis perbankan tahun 1997. Krisis perbankan
menjadi tonggak sejarah kelam dalam kancah bisnis perbankan. Pemerintah pada waktu itu bertindak tegas bahkan
tidak segan-segan untuk memberi sanksi berat kepada bank yang mempunyai kinerja buruk bahkan ada beberapa
bank yang harus dilikuidasi, hal ini bisa menjadi pelajaran sangat berharga.Penelitian ini bertujuan menganalisis
kinerja bank umum syariah di Indonesia yang secara umum menunjukkan perkembangan cukup baik, namum kalau
ditinjau dari ukuran-ukuran kinerja keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan juga menunjukkan
demikian. Hasil penelitian Perspektif Keuangan menujukkan hasil yang baik. Profitabilitas yang diproksikan dengan
ROA mengalami peningkatan. ROE yaitu mengukur keberhasilan atas kinerja Bank Umum Syariah terhadap tingkat
pengembalian atas modal. Sales Growth Pendapatan perbankan syariah dari tahun 2009 ke tahun mengalami
peningkatan yang cukup signifikan Penurunan Biaya Operasional dibandingkan Pendapatan Operasional mengalami
penurunan, Waktu Penyelesaian layanan semua transaksi dapat terlyani dengan baik yaitu cepat dan tidak terjadi
kesalahan. Perspektif Proses Bisnis Internal, Manufacturing Cycle Evectiviness (MCE) ialah tahapan dimana Bank
Syariah berupaya untuk memberikan service excellence. Kecepatan Pelayanan tercipta karena ada teknologi dan
sarana yang memadai serta tersedianya sda yang terampil dalam operasional. Employee poductifity Produktivitas,
dari hasil menunjukkan dari tahun ke tahun menunjukkan pendapatan dibanding jumlah pegawai hasil atau
pendapatan mengalmi turun naik ini tidak terlepas dari masih banyaknya pembukaan cabang baru dan penambahn
pegawai baru, penambahan tenaga kerja baru tahun 2013 ke 2014 dan 2015, sedangkan penghasilan mengalami
penurunan.
Kata Kunci: kinerja keuangan, pelanggan, proses dan pertumbuhan
Latar Belakang
DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed