ANALISIS HUBUNGAN GENDER DAN PEMBELIAN KOMPULSIF

  • Henky Lisan Suwarno
  • Felicia Abednego
  • Kartika Imasari Tjiptodjojo

Abstract

Pembelian kompulsif merupakan topik penelitian yang sangat menarik untuk diteliti. Perilaku ini merupakan suatu penyakit dalam perilaku pembelian konsumen, pelakunya melakukan tindakan tersebut oleh karena ingin mengatasi perasaan atau kejadian negatif yang dialaminya, dilakukan secara berlebihan dan terus menerus serta dapat menimbulkan masalah baik psikologis maupun keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan dalam hal perilaku pembelian kompulsif antara pria dan wanita. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda survei, yang mana penulis memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada 444 responden yang berada di wilayah Jakarta dan Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku pembelian kompulsif antar pria dan wanita. Wanita lebih memiliki kecenderungan berperilaku pembelian kompulsif dibandingkan dengan pria. Wanita memilih produk fashion dan kecantikan sebagai produk yang favorit untuk dibeli sedangkan pria lebih memilih produk fashion, elektronik dan otomotif. Peneliti juga menemukan adanya pengaruh besaran uang saku dan pengeluaran per bulan terhadap pembelian kompulsif. Kata Kunci: Pembelian Kompulsif, Gender, Uang Saku, Pengeluaran

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed