ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM AKUN INSTAGRAM SELEBRITI INDONESIA

  • Christanty Indah Noor Valentine
  • Natalia Sekar Rismaniar
  • Annisa Widya Paramitha

Abstract

Bahasa bukan hanya sebagai sarana untuk mengomunikasikan suatu objek, tetapi juga membangun dan mempertahankan hubungan dengan orang lain (Trudgill, 1974). Dalam berkomunikasi generasi muda Indonesia telah banyak terekspos dengan bahasa Inggris. Kemajuan teknologi informasi dalam bidang media sosial juga berkontribusi dalam penggunaan bahasa Inggris. Penelitian ini membahas tentang alih kode dan campur kode pada penulisan caption dalam akun instagram milik Maudy Ayunda dan Gita Gutawa. Sumber data penelitian
berasal dari instagram karena di era digital anak muda sering menggunakan instagram untuk mengekspresikan diri selain itu instagram juga merupakan media sosial yang paling banyak digunakan. Data diambil dari caption sebuah foto atau video dari bulan Juni hingga Oktober 2017. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada penulisan caption dalam akun instagram milik Maudy Ayunda dan Gita Gutawa ditemukan banyak yang menggunakan jenis alih kode inter-sentential, intra-sentential, dan emblematic serta bentuk campur kode insertion dan alternation. Alasan penggunaan alih kode dan campur kode karena mereka ingin mengungkapkan topik tertentu, mempertegas sesuatu, untuk menyampaikan kejutan atau emosi atau untuk mendapatkan perhatian, menyatakan identitas kelompok, serta mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian Rani Frisilia Kalangit (2016).

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed