PERENCANAAN LABA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS COST VOLUME PROFIT

  • Ulfah Setia Iswara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Teguh Gunawan Setyabud Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Wahidahwati Wahidahwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

Abstract

Untuk menaksir tingkat capaian laba yang ingin diharapkan perusahaan, dibutuhkan sebuah
perencanaan laba yang baik. Upaya membuat perencanaan laba yang bermanfaat pada masa mendatang,
diperlukan alat bantu yakni analisis biaya volume laba (Cost-Volume-Profit). Analisis CVP berfokus pada
berbagai faktor yang mempengaruhi perubahan dalam komponen laba. Penelitian dilakukan pada usaha Macro
Coffee Roastery yang berlokasi di Kabupaten Jember. Data yang digunakan berasal dari data-data keuangan
perusahaan. Hasil analisis yang dilakukan pada Macro Coffee Roastery diperoleh margin kontribusi sebesar
Rp 107.462.500 dengan rasio margin kontribusi 52%. Titik impas sebesar Rp 27.692.300. Tingkat penjualan
sebesar Rp 205.073.400 berada di atas titik impas, sehingga penjualan yang dilakukan dikatakan mampu untuk
menghasilkan laba yang maksimal. Batas pengaman (margin of safety) cukup tinggi sebesar 86,4%. Tingkat
degree of operating leverage perusahaan sebesar 1,15. Besarnya laba yang diharapkan untuk periode tahun
2019 sebesar Rp 113.536.250, oleh karena itu perusahaan harus mampu mencapai target penjualan sebesar Rp
246.031.250 untuk memperoleh laba yang telah direncanakan di tahun 2019.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed