PEMBANGUNAN APLIKASI PEMODELAN DIAGRAM KELAS UNTUK PEMBELAJARAN UNIFIED MODELING LANGUAGE

  • Egia Subiakto Universitas Dian Nuswantoro
  • Yani Astuti Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Pengembangan perangkat lunak yang dilakukan oleh seorang pengembang biasanya memperhatikan tahapan pengembangan. Dalam fase analisis, yakni memodelkan masalah ke dalam bentuk diagram seperti DFD untuk analisis terstruktur dan UML untuk analisis berorientasi objek. Masalah yang sering ditemui didunia pendidikan yakni dalam pemodelan UML, alat pemodelan yang sudah ada memiliki kompleksitas yang tinggi dan mempunyai lisensi sehingga mahasiswa tidak bisa secara langsung menggunakan alat pemodelan tersebut. Dalam penelitian ini dikembangan sebuah aplikasi pemodelan UML khususnya diagram kelas yang berbasis web, open access, memiliki tampilan sederhana, dan memiliki fitur-fitur dasar untuk memodelkan diagram kelas. Diagram kelas mempresentasikan atribut dan method yang digunakan untuk menggambarkan sebuah sistem. Aplikasi ini di kembangkan dengan menggunakan metode prototyping, aplikasi dikembangkan sesuai spesifikasi awal, setelah itu disebarkannya skala kepuasan untuk mengetahui aplikasi bekerja dengan baik atau tidak. Lalu dilakukan evaluasi untuk menentukan aplikasi siap digunakan, berdasarkan evaluasi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pengguna menyetujui kinerja aplikasi baik, dengan prosentase Sangat Setuju dan Setuju 88.01% responden. Kemudahan pengguna dengan prosentase Sangat Setuju dan Setuju 83.86% responden. Kepuasan pengguna Sangat Setuju dan Setuju 87.09% responden. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan mayoritas responden setuju bahwa kinerja aplikasi baik dan mudah digunakan serta pengguna puas terhadap aplikasi yang dibangun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-24
How to Cite
Subiakto, E., & Astuti, Y. (2019). PEMBANGUNAN APLIKASI PEMODELAN DIAGRAM KELAS UNTUK PEMBELAJARAN UNIFIED MODELING LANGUAGE. Proceeding SENDI_U, 158-163. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7366