FITUR E-CRM DAN PENERAPANNYA PADA PERGURUAN TINGGIDI JAWA TENGAH

  • Yohanes Suhari Universitas Stikubank
  • Arief Jananto Universitas Stikubank
  • Dwi Agus Diartono Universitas Stikubank

Abstract

ABSTRAK

Website memegang peranan penting bagi perguruan tinggi sebagai media berkomunikasi dengan stake holder. Fitur E-CRM menjadi salah satu komponen penting pada web site sebagai sarana untuk menarik, meningkatkan, dan menjaga hubungan dengan stake holder.

Objek pada penelitian ini adalah website perguruan tinggi (Universitas) yang ada di Jawa tengah, yaitu sebanyak 50. Data dikumpulkan dengan menganalisis website yang ada untuk melihat sejauh mana fitur e-crm diterapkan. Hasil pengamatan kemudian dilakukan tabulasi untuk melihat persentase serta rating penggunaan fitur e-crm.

                Hasil penelitian adalah : Terdapat 29 macam fitur E-CRM yang digunakan pada website perguruan tinggi. Fitur yang paling banyak digunakan adalah Site Customizing, fitur yang masuk peringkat kedua adalah About Company / Company Profile On Site dan Telephone, sedangkan fitur yang masuk peringkat ketiga adalah Find University, Postal Address, E-Mail, Fax. Banyaknya perguruan tinggi yang menggunakan lebih dari 50% fitur E-CRM sebanyak  19,15%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-24
How to Cite
Suhari, Y., Jananto, A., & Diartono, D. (2019). FITUR E-CRM DAN PENERAPANNYA PADA PERGURUAN TINGGIDI JAWA TENGAH. Proceeding SENDI_U, 185-194. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7379