REKOMENDASI PEMILIHAN ASISTEN LABORATORIUM MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FTI UMB YOGYAKARTA)

  • Anif Fauzan Rozi anief@mercubuana-yogya.ac.id
  • Agus Sidik Purnomo Universitas Mercu Buana Jogja

Abstract

Asisten laboratorium merupakan mahasiswa yang sedianya dapat membantu pelaksanaan perkuliahan praktikum matakuliah tertentu. Selanjutnya tugas asisten laboratorium adalah membantu dosen matakuliah untuk memberikan bimbingan terhadap peserta praktikum selama praktikum berlangsung. Selama ini penentuan asisten praktikum di Program Studi Sistem Informasi masih dilaksanakan secara manual dengan penunjukan oleh kepala laboratorium secara langsung. sehingga dalam hal ini dirasa belum maksimal proses yang telah dilakukan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah prototipe sistem yang dapat digunakan untuk membantu memudahkan pemilihan dan seleksi asisten laboratorium secara cepat dan lebih optimal dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

Penilaian ini menggunakan 7 kriteria yang digunakan sebagai parameter dalam melakukan penilaian, agar dapat membuat keputusan yang tepat maka dalam penelitian ini digunakan FMADM dengan SAW.

Berdasarkan data yang telah diujikan dengan menggunakan sistem, sistem dapat berfungsi dengan baik dengan menghasilkan perangkingan berdasarkan nilai tertinggi. Kesesuaian antara metode yang telah diterapkan dan sistem memiliki tingkat kesesuaian 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-24
How to Cite
Rozi, A., & Purnomo, A. (2019). REKOMENDASI PEMILIHAN ASISTEN LABORATORIUM MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FTI UMB YOGYAKARTA). Proceeding SENDI_U, 195-203. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7382