KOMPARASI METODE FMADM KLASIK DAN FMADM DENGAN PENGEMBANGAN UNTUK MENENTUKAN MEDIA PROMOSI PMB

  • Hersatoto Listiyono Universitas Stikubank
  • Retnowati Retnowati Universitas Stikubank
  • Sri Mulyani Universitas Stikubank

Abstract

Laporan Panitia PMB dari tahun ke tahun, dapat diketahui bahwa konsep dan media promosi mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh aspek biaya serta informasi yang disebarkan berdampak bagi calon mahasiswa baru. Penetapan keputusan media promosi tersebut umumnya dilakukan dengan cara analisa data deskriptif dan persepsi tim, tetapi manajemen belum dapat mengetahui media promosi yang sesungguhnya paling diinginkan oleh masyarakat berdasarkan aspek-aspek yang sudah dijelaskan diatas. Media promosi yang digunakan oleh FTI untuk penjaringan PMB dikelompokkan ke dalam 7 jenis alternatif media promosi, yaitu: website(a1), sosial media(a2), event(A3), brosur(A4), poster(A5), spanduk(A6), jejaring(A7). Adapun kriteria yang diberikan oleh para mahasiswa baru untuk setiap alternatif adalah kecukupan informasi dengan bobot 35%(C1), kemudahan akses 35% (C2) dan kemudahan komunikasi 30% (C4). Untuk mendapatkan alternatif media promosi yang tepat dilakukan analisa untuk menentukan prioritas (perankingan) dari sederetan alternatif yang ditawarkan berdasarkan sejumlah kriteria yang sudah ditentukan dengan melakukan komparasi metode FMADM Klasik(SAW dan WP) dan FMADM dengan pengembangan. Dari hasil penelitian menunjukan perhitungan ranking alternatif media promosi menggunakan metode FMADM klasik (SAWdan WP) dan FMADM dengan pengembangan, diperoleh perbandingan bahwa hasil ketiga metode tersebut memberikan hasil perankingan yang sama, sekalipun cara perhitungan dan angka yang diperoleh berbeda. Kata Kunci: Algoritma A, algoritma B, kompleksitas

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed