IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING PEMILIHAN PRODUK (Studi Kasus di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Semarang)

  • Wiwien Hadikurniawati Universitas Stikubank
  • Franky Zakaria Universitas Stikubank
  • Taufiq Dwi Cahyono Universitas Semarang

Abstract

Produk merupakan hasil dari proses yang dihasilkan dari suatu perusahaan komersial. Sistem pendukung keputusan untuk pemilihan produk merupakan salah satu sistem yang dibutuhkan untuk memudahkan dan membantu pengambilan keputusan dalam rangka efisiensi perusahaan. Pengambilan keputusan yang benar dan tepat juga menjadi keutungan bagi perusahaan agar terhindar dari pemborosan. Pada penelitian ini dibangun sistem yang dapat membantu menentukan prioritas atau ranking dari sebuah produk dengan akurat. Produk yang dihasilkan (Indomie aneka rasa) dapat diproduksi dengan tepatd, sehingga produk-produk yang telag dhasilkan tersebut dapat terjual sesuai dengan harapan, mendapatkan profit tinggi dan terhindar dari kerugian. Sistem ini dirancang dan dibangun menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode ini menggunakan kriteria –kriteria yang juga memiliki bobot yang digunakan untuk perhitungan AHP di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Kata Kunci: efisiensi, pengambilan keputusan, analytic hierarchy process

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-24
How to Cite
Hadikurniawati, W., Zakaria, F., & Cahyono, T. (2019). IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM MULTI ATTRIBUTE DECISION MAKING PEMILIHAN PRODUK (Studi Kasus di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Semarang). Proceeding SENDI_U, 312-316. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7390