PENGGUNAAN SISTEM TEMU KEMBALI DALAM PENCARIAN KATA UNTUK TERJEMAHAN AL QURAN

  • Rina Candra Noor Santi Universitas Stikubank
  • Sri Eniyati Universitas Stikubank
  • Retnowati Retnowati Universitas Stikubank
  • Heribertus Yulianton Universitas Stikubank

Abstract

Di jaman yang semakin canggih ini, teknologi infomasi berkembang cukup pesat. Penyimpanan-penyimpanan file masih banyak dilakukan, sehingga dalam pencarian data akan sulit dilakukan. Dengan kondisi seperti ini, maka dikembangkanlah metode pencarian data yang dikenal dengan Sistem Informasi Temu Kembali atau Information Retrieval.

Information Retrieval yaitu ilmu pencarian informasi pada dokumen, pencarian untuk dokumen itu sendiri, mencari di dalam database untuk teks, suara, gambar, atau data lainnya.  Vector Space Model merupakan model Information Retrieval yang merepresentasikan dokumen dan query dalam bentuk vektor dimensional. Konsep dasar dari VSM adalah menghitung jarak antar dokumen kemudian mengurutkan berdasarkan tingkat kedekatannya. Semakin kecil jarak antardokumen, maka semakin mirip keduanya.

Metode VSM dipilih karena cara kerja model ini efisien, mudah dalam representasi dan dapat diimplementasikan pada document-matching.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-24
How to Cite
Noor Santi, R., Eniyati, S., Retnowati, R., & Yulianton, H. (2019). PENGGUNAAN SISTEM TEMU KEMBALI DALAM PENCARIAN KATA UNTUK TERJEMAHAN AL QURAN. Proceeding SENDI_U, 247-252. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7399