ANALISA JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN KLASTERING K-MEANS DAN HIRARKI AGGLOMERATIF

  • Sulastri Sulastri Universitas Stikubank
  • Dwi Agus Diartono Universitas Stikubank

Abstract

Twitter merupakan salah satu media jejaring sosial yang diminati oleh masyarakat luas sampai saat ini. Twitter banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagi kegiatan seperti bertukar informasi ataupun tempat untuk mencurahkan isi hati. Karena banyaknya pengguna twitter, maka akan menghasilkan kumpulan data yang besar. Hal ini ditunjukkan dari hasil survei bahwa rata-rata jumlah tweet yang ada dalam twitter adalah 600 tweet setiap detiknya pada saat kehidupan normal. Besarnya data yang dihasilkan oleh twitter, maka perlu diadakan analisa terhadap topik yang sering ditweetkan, sehingga data yang besar tersebut dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan menganalisa data tweet yang berhubungan dengan kata kunci atau topik Piala AFF Suzuki 2016 dan Pemilihan Kepala Daerah 2017 yang sedang hangat dibicarakan di berbagai media. Analisa yang digunakan adalah analisa clustering dengan menggunakan hierarchical clustering dan k-means clustering. Kata kunci: Twitter, Pilkada 2017, Paiala AFF Suzuki 2016, Clustering, K-Means, Aglomeratif

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed