MODEL E-COMMERCE UNTUK MENUNJANG PENJUALAN PRODUK PERCETAKAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS, TEKNIK SEO DAN STRATEGI MARKETING 4P PADA CV. XYZ

  • Weni Dwi Muliawati
  • Agus Umar Hamdani
  • Nofiyani .

Abstract

XYZ merupakan sebuah usaha kecil yang bergerak di bidang percetakan, stempel dan digital printing. Proses penjualan pada CV. XYZ sendiri masih menggunakan proses penjualan yang konvensional yaitu pelanggan harus datang langsung ke toko sehingga proses penjualan kurang maksimal. Masalah yang ada saat ini juga terjadi yaitu tidak adanya informasi stok barang produksi yang menyebabkan proses produksi tertunda, pemesanan masih dilakukan secara dicatat secara manual dan pembuatan laporan penjualan yang memakan waktu lama serta kurang validnya data laporan penjualan. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, maka diperlukan sebuah sistem yang mampu mengelola transaksi penjualan produk yang efektif dan efisien. Penulis mengusulkan untuk membuat sistem perancangan E-Commerce. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Business Model Canvas untuk menganalisa model bisnis perusahaan, menggunakan pendekatan Unified Modeling Language untuk analisa dan perancangan sistem E-Commerce, teknik Search Engine Optimization menggunakan pendekatan optimasi On-Page dan teknik pemasaran menggunakan strategi marketing 4P (Product, Promotion, Price dan Place). Dalam pengimplementasiannya, penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL yang di manajemen dengan PHPMyAdmin. Penelitian ini meghasilkan sebuah aplikasi E-Commerce untuk CV. XYZ yang dapat memudahkan pelanggan untuk melihat produk dan melakukan pemesanan tanpa harus datang ke toko hanya dengan mengakses situs web E-Commerce.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed