DESAIN MESIN PENGERING SEPATU SEMI OTOMATIS BERDASARKAN PRINSIP ERGONOMI (STUDI KASUS PADA UMKM CLEANVAST CUCI SEPATU SEMARANG)

  • Retno Maulanasari
  • Endro Prihastono

Abstract

UMKM Cleanvast Cuci Sepatu merupakan salah satu usaha kecil yang terletak di jalan Delta Mas III Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang yang bergerak dalam usaha pencucian sepatu. Sebelumnya ada kendala dalam proses pencucian sepatu masih bersifat sederhana, yakni dengan cara menggunakan Dryer untuk proses pengeringan yang membutuhkan waktu rata-rata 20 menit.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain mesin pengering sepatu semi automatis untuk meningkatkan kenyamanan kerja dengan prinsip ergonomi, yakni mengukur tinggi bahu pada posisi berdiri tegak yakni tinggi jarak dari permukaan kaki sampai puncak tulang belikat untuk menentukan tinggi Panel mesin pengering sepatu.
Dari hasil perhtingan menggunakan metode tersebut diperoleh rata- rata dimensi yang digunakan dalam perancangan mesin pengering sepatu yaitu, tinggi alat 1 m,panjang alat 1m lebar alat 70 cm, dan lebar tong 57 cm. dan Mesin ini bekerja secara otomatis dan dapat menghemat waktu dan biaya penggunaan listrik sehari- hari karena menggunakan alat timer dalam pengoperasiannya.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed