TRANSISI KOMUNIKASI PEMASARAN SALES & MARKETING DARI OFFLINE KE ONLINE UNTUK BROSUR PROMOSI FASILITAS HOTEL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA SEMARANG

  • Cindy Citya Dima
  • Dra.Emik Rahayu,M.Par

Abstract

Pra Pandemi covid 19, Pandemi Covid 19,PPKM/ PSBB, Adaptasi kebiasaan baru dan PPKM Darurat di Dunia Pariwisata memberikan pelajaran dan pengalaman berharga bagi dunia perhotelan. Work From Hotel (WFH),Pembatasan jumlah tamu event, dan di bulan Ramadhan 1442 H baru diberikan ijin untuk membuka restoran dalam kegiatan buka puasa bersama dengan prokes setelah tahun lalu hotel tidak dapat mendapatkan revenue dari kegiatan bukber.dan PPKM darurat serta paket menginap di hotel untuk seminggu. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran offline , komunikasi pemasaran online, dan transisi komunikasi pemasaran untuk mengetahui proses penyebaran informasi dari offline ke online. Metode penulisan yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Desain Penelitian/ kerangka pikir dari penulis, Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara via online (chat Whatsup) kepada Public Relation Hotel di Semarang, melakukan observasi partisipan yaitu pada saat berkunjung ke hotel di Semarang dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, transisi pada komunikasi pemasaran dari offline ke online memiliki efek yang positif dari segi waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan apalagi di masa pandemi ini. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat efisiensi tinggi, dan komunikasi pemasaran secara online memiliki tahapan yang lebih sederhana dan cepat disaat pengumuman kebijakan diperbolehkan beroperasi dengan syarat prokes yang ketat.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed