ANALISA JEJARING SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN KLASTERING KMEANS DAN HIRARKI AGGLOMERATIF

  • Sulastri Sulastri
  • Dwi Agus Diartono

Abstract

Twitter merupakan salah satu media jejaring sosial yang diminati oleh masyarakat luas sampai saat ini.
Biasanya twitter banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagi kegiatan seperti bertukar informasi ataupun
tempat untuk mencurahkan isi hati. Pada twitter pengguna dapat menemukan berbagai macam informasi,
bahkan ketika pengguna tidak mengetahui akun dari topik yang dicari pengguna dapat menggunakan bantuan
mesin pencarian twitter untuk mencarikan informasi terkait topik yang dicari. Karena banyaknya pengguna
twitter, maka akan menghasilkan kumpulan data yang besar. Hal ini ditunjukkan dari hasil survei bahwa ratarata
jumlah tweet yang ada dalam twitter adalah 600 tweet setiap detiknya pada saat kehidupan normal.
Besarnya data yang dihasilkan oleh twitter, maka perlu diadakan analisa terhadap topik yang sering ditweetkan,
sehingga data yang besar tersebut dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengambil keputusan.
Penelitian ini bertujuan menganalisa data tweet yang berhubungan dengan kata kunci atau topik Piala AFF
Suzuki 2016 dan Pemilihan Kepala Daerah 2017 yang sedang hangat dibicarakan di berbagai media. Analisa
yang digunakan adalah analisa clustering dengan menggunakan hierarchical clustering dan k-means clustering.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed