SELEKSI MAHASISWA LULUSAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI-ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM) (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FTI UMB YOGYAKARTA)

  • Agus Sidiq Purnomo Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Anief Fauzan Rozi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Simple Additive Weighting, Fuzzy Multiple Attribute Decesion Making, Sistem Pendukung Keputusan, Lulusan Terbaik

Abstract

Dalam penentuan lulusan terbaik masih dirasa kurang obyektif, sehingga hal ini menjadi kendala dalam proses pengambilan keputusan. Walaupun dalam hal ini sudah ada peraturaan mengenai kriteria, tetapi belum diimplementasikan dan masih memutuskan secara manual tanpa mempertimbangkan sensitifitas data terhadap kriteria yang ada. Hal ini dikarenakan belum ada metode yang obyektif untuk memutuskan dengan cepat, berdasarkan data lulusan mahasiswa dalam satu periode siapa yang berhak menyandang predikat lulusan terbaik.

Penilaian ini menggunakan 6 kriteria yang digunakansebagai parameter dalam melakukan penilaian, agar dapat membuat keputusan yang tepat maka dalam penelitian ini digunakan FMADM dengan SAW.

Berdasarkan data yang telah diujikan dengan menggunakan sistem, sistem dapat berfungsi dengan baik dengan menghasilkan perangkingan berdasarkan nilai tertinggi, sehingga dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan mengenai calon wisudawan terbaik.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed