MENAKAR KEBERHASILAN E-GOV DALAM PERSPEKTIF E-PARTICIPATION DENGAN INDIKATOR METEP

  • Sri Mulyani universitas stikubank
  • Retnowati Retnowati universitas stikubank
  • Hersatoto Listiyono universitas stikubank
  • Sebastianus Adi Susanto universitas stikubank
Keywords: e-partipation, METEP, GDM

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan e-Gov dalam perspektif G2E. Dengan demikian perlu untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penerapan e-parcipation. Melalui indikator METEP yang telah ditetapkan oleh PBB, ukuran keberhasilan e-participation akan dilakukan menggunakan teori pengambilan keputusan yang melibatkan para pemangku kepetingan. Salah satu teori yang saat ini banyak digunakan metode MCDM (Multi Criteria Decision Making) yang didalamnya terdapat teor GDM (Group Decision Making).

Penelitian ini akan menjawab pertanyaan “Bagaimana mengetahui tingkat penerapan e-government dalam perspektif e-participation dengan METEP yang dihitung melalui GDM?”. Dengan melakukan analisis indikator yang sudah dipenuhi oleh pemerintah dalam mengimplementasikan e-participation dan menghitung tingkat keberhasilan e-participation diharapkan dapat menjadi bahan informasi mengenai penerapan dan pengelolaan partisipasi masyarakat. Sehingga dalam keberlanjutan programnya dapat ditentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat terhadap pemerintah.

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode METEP. Dari hasil penerapan metode METEP diperoleh informasi terkait dengan e-participation. Hal ini mengindikasikan adanya dorongan percepatan partisipasi elektronik dari para pemangku kepentingan kepada masyarakat maka beberapa indikator alternatif program yang ditetapkan adalah digital inclusive, home page¸dan online services. Adapun kriteria yang harus dipenuhi agar alternatif program tersebut dapat memenuhi harapan para pemangku kepentingan, ditetapkan 3 kriteria dengan bobot presferebsi yang relatif tinggi yaitu: ketersediaan informasi, infrastruktur dan tata kelola.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed