PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK PENGEMBANGAN AREA PEMASARAN PRODUK KENDANG JIMBE KOTA BLITAR

  • Indyah Hartami Santi Universitas Islam Balitar
Keywords: Area Pemasaran, Kendangjimbe, Profile Matching

Abstract

 

Blitar sebagai kota PATRIA dan kota wisata mengharuskan warga untuk selalu meningkatkan kualitas dan produktifitas disegala bidang. Salah satu nya adalah bidang pemberdayaan produksi seni, diantara nya ada di desa Sentul dengan produksi kendang jimbenya menjadikan wilayah ini kampung kendang jimbe dimana pemasarannya sudah masuk produski sebagai komuditi yang sudah menjadi produk eksport ke Luar Negeri. Permasalalah yang dihadapi pengrajin kecil adalah harus terus berproduksi dengan area pemasaran yang harus dibuka dan dikembangkan. Penelitan yang pernah dilakukan peneliti sebelumnya terkait kendang jimbe diantaranya adalah membahas tentang kualitas produk kendang jimbe, pembinaan kepada pengrajin, pengaruh modal dan proses pembuatan. Penelitian tersebut berfokus kepada hasil produk kendang jimbe, tetapi belum ada peneltian yang berfokus kepada kebijakan yang harus di ambil untuk mengembangkan memasarkan hasil produknya

 Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode reseach and development mengikuti tahapan pengumpulan data guna menentukan kriteria dan penentuan area pemasaran. Selanjutnya tahapan perencanaan, implementasi dan pengujian kesesuaian sistem. Penentuan area pemasaran diperoleh dari hasil perhitingan dengan menggunakan metode profile matching.

 Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah rekomendasi bagi pengrajin untuk bisa mengembangkan area pemasaran produk kendang jimbe di wilayah Kabupaten Blitar yaitu di wilayah Penataran. Mengingat perkembangan wisata di sekitar Penataran cukup berkembang pesat.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed