SISTEM PAKAR PENANGANAN GANGGUAN LAYANAN INDIHOME PADA PELANGGAN PT TELKOM INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CASE-BASED REASONING DENGAN ALGORITMA SIMILARITAS JACCARD

  • Niko Fitrianto universitas stikubank
  • Setyawan Wibisono universitas stikubank
Keywords: IndiHome, Case Based Reasoning, Algoritma Similaritas Jaccard

Abstract

Indonesia Digital Home atau disingkat IndiHome adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumahinternet, dan layanan televisi interaktif (UseeTV Cable, IPTV).

Mengingat pelanggan IndiHome yang tiap tahun terus meningkat, tidak menutup kemungkinan mengakibatkan bertambahnya gangguan layanan IndiHome. Jumlah gangguan yang ada terkadang harus melibatkan teknisi yang berbeda divisi untuk menangani gangguan tersebut yang mengakibatkan pekerjaannya sendiri tertunda. Untuk itu dibuatlah program untuk pelanggan IndiHome yang mengadopsi pola berfikir manusia yang sering dinamakan artificial intellegence.

Sistem yang dibuat menggunakan metode case-based reasoning mampu mengidentifikasi masalah yang sedang terjadi pada layanan IndiHome dengan memasukan indikasi yang muncul, kemudian menghitung nilai similaritas menggunakan algoritma similaritas Jaccard berdasarkan perbandingan kesamaan indikasi yang dimasukan dengan data indikasi dalam basisdata. Tingkat kemiripan data ditentukan berdasarkan jumlah data input yang sama dengan data indikasi, semakin banyak data input yang sama dengan data indikasi, akan menghasilkan nilai kemiripan yang paling tinggi. Solusi penanganan gangguan akan dimunculkan berdasarkan hasil perhitungan tertinggi sebagai acuan penanganan gangguan.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed