SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN PENILAIAN TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ANDROID

  • Sukamto Sukamto Politeknik Negeri Semarang
  • Slamet Handoko Politeknik Negeri Semarang
Keywords: Tugas Akhir, Teknologi Berbasis Mobile, MySQL, UML, SDLC

Abstract

Tugas Akhir (TA) merupakan matakuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Diploma Tiga (D3) sebagai salah satu syarat untuk  menyelesaikan studi di program D3. Proses kegiatan TA dimulai dari Pengajuan proposal mahasiswa, Pemilihan dosen pembimbing, pengumuman Judul proposal,  Pendaftaran Ujian, Penjadwalan ujian dan Penilaian Ujian. Proses ini selama ini dilakukan dengan system konvensional sehingga banyak sekali dijumpai permasalahan yang berdampak pada waktu pengerjaan  proses TA. Namun dari permasalahan yang ada system penilaian TA merupakan hal yang paling krusial karena menyangkut lulus tidaknya seorang mahasiswa setelah melalui proses  kegiatan TA ini.  Dengan menggunakan sistem  ini proses TA tidak dapat berjalan secara efektif . 

Berdasarkan permasalahan di atas maka dapat dirumuskan tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan  system baru yang lebih efektif dengan menggunakan teknologi berbasis Mobile sehingga akan meningkatkan layanan kepada mahasiswa dan berdampak pada waktu pengerjaan TA oleh mahasiswa. 

System baru berbasis mobile yang akan dibangun menggunakan teknologi Android dengan system basis data MySQL dengan desain menggunakan Argo UML.

Metode yang digunakan dalam pengembangan system ini menggunakan meode System Development Life Cycle (SDLC).

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed