APLIKASI PENGENALAN JENIS KERIS TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

  • Endang Setyawati STIKOM Yos Sudarso
Keywords: Keris Tradisional, android, augmented reality, vuforia SDK, Java, C

Abstract

Keris merupakan Senjata tradisional yang memiliki bentuk unik dan indah, dan merupakan senjata keramat khususnya di Jawa tengah. Seharusnya jenis Keris Tradisional bisa lebih berkembang di Tanah Air. Sebagai Warisan Budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Sebab Keris Indonesia telah diakui sebagai warisan budaya dunia (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 25 Nopember 2005. Tetapi sebaliknya Pengetahuan masyarakat, terutama generasi muda mereka lebih tertarik dengan budaya barat. Hal ini menjadi problem yang serius, disebabkan minat belajar tetang sejarah budaya bangsa, untuk generasi muda semakin berkurang, hal ini karena media yang digunakan kurang menarik dan sulit diperoleh. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media baru untuk memperkenalkan keris kepada masyarakat luas melalui ponsel. Dari sinilah penulis ingin mengembangkan suatu Aplikasi berbasis android dengan metode 4GT untuk mengetahui tentang jenis Keris yang merupakan senjata bersejarah. Aplikasi ini dibuat dengan Vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan Augmented Reality dengan Java, C++ berbasis Android. Aplikasi ini dapat digunakan ketika pengguna ingin mengetahui jenis-jenis Keris dan filosofi dibaliknya.

Pengguna dapat dengan mudah memindai ponsel mereka pada media yang disediakan dan memperoleh data tentang keris. Obyek keris akan dimodelkan secara 2 dimensi, lalu digabungkan dengan pola penanda. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality maka diharapkan dapat menggabungkan obyek keris secara virtual dengan pola penanda pada media promosi.

Hasil akhir dari Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan untuk informasi pengetahuan bagi generasi muda, tentang jenis-jenis keris sebagai senjata Tradisional untuk melestarikan nilai budaya bangsa.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed