ANALISIS PENGARUH BERITA DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

  • Ax’l Dimitri Josua T.
  • Benjamin Kusumaharjo B.
  • Jody Frans R.
  • Herlina .

Abstract

Kelompok pengguna internet terbesar saat ini adalah kelompok usia 19-34 tahun. Mayoritas dari pengguna internet merupakan pengguna media sosial juga. Salah satu fungsi dari media sosial yaitu untuk melakukan penyebaran informasi. Akaan tetapi tidak semua informasi yang ada di media sosial dapat dipastikan kebenaran beritanya. Banyak juga berita yang tersebar di media sosial dapat mempengaruhi persepsi seseorang dengan tujuan yang berbeda-beda. Berita di media sosial dapat menimbulkan berbagai macam persepsi seperti kebencian, perpecahan, dan mampu mempengaruhi suasana hati. Kewaspadaan dan kebijaksanaan dalam penggunaan media sosial terutama dari kalangan muda tentu sangat diperlukan dalam memilah berita. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah ada pengaruh berita yang tersebar di media sosial terhadap persepsi mahasiswa FTI UAJY dengan jumlah responden sebanyak 96 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita di media sosial mampu mempengaruhi persepsi mahasiwa terhadap penyebaran berita yang dalam kasus ini telah ditelti adalah berita hoax.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed