DAMPAK IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN MAHASISWA

  • Hendi Handoko
  • Monika Irene Simanjorang
  • Lenny Stephani
  • Gusti Bagus Yudistira
  • Clara Hetty Primasari

Abstract

Media sosial saat ini telah menjadi salah satu tren yang tidak dapat dipisahkan dari seluruh kalangan masyarakat. Tingginya penggunaan media sosial turut mengundang lahirnya berbagai macam iklan yang memasarkan beragam produk ataupun jasa. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak kepada kehidupan sehari-hari mahasiswa yang mayoritas secara aktif menggunakan media sosial. Salah satu aspek yang dipengaruhi oleh iklan di media sosial adalah minat pembelian mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan dari iklan yang sering ditampilkan di berbagai media sosial terhadap minat pembelian mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTI UAJY). Metode yang digunakan untuk penggalian data adalah pembagian kuesioner kepada 90 mahasiswa FTI UAJY. Hasil penelitian menunjukkan dampak yang tidak terlalu signifikan antara iklan di media sosial terhadap minat pembelian mahasiswa FTI UAJY meskipun iklan yang berada di media sosial dianggap sudah cukup menarik. Iklan di media sosial tidak memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mahasiswa sehingga mereka memutuskan untuk tidak membeli produk yang berada di iklan tersebut.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed