DAMPAK IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN MAHASISWA

  • Hendi Handoko
  • Monika Irene Simanjorang
  • Lenny Stephani
  • Gusti Bagus Yudistira
  • Clara Hetty Primasari

Abstract

Media sosial saat ini telah menjadi salah satu tren yang tidak dapat dipisahkan dari seluruh kalangan masyarakat. Tingginya penggunaan media sosial turut mengundang lahirnya berbagai macam iklan yang memasarkan beragam produk ataupun jasa. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak kepada kehidupan sehari-hari mahasiswa yang mayoritas secara aktif menggunakan media sosial. Salah satu aspek yang dipengaruhi oleh iklan di media sosial adalah minat pembelian mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan dari iklan yang sering ditampilkan di berbagai media sosial terhadap minat pembelian mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTI UAJY). Metode yang digunakan untuk penggalian data adalah pembagian kuesioner kepada 90 mahasiswa FTI UAJY. Hasil penelitian menunjukkan dampak yang tidak terlalu signifikan antara iklan di media sosial terhadap minat pembelian mahasiswa FTI UAJY meskipun iklan yang berada di media sosial dianggap sudah cukup menarik. Iklan di media sosial tidak memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mahasiswa sehingga mereka memutuskan untuk tidak membeli produk yang berada di iklan tersebut.

References

[1] T. Ragunathan, S. K. Battula, V. Jorika, C. Mounika, A. U. Sruthi, and M. D. Vani, “Advertisement posting based on consumer behavior,” in Procedia Computer Science, 2015.
[2] E. Constantinides, “Foundations of Social Media Marketing,” Procedia - Soc. Behav. Sci., 2014.
[3] A. Arnold, “4 Ways Social Media Influences Millennials’ Purchasing Decisions,” 2017.
[4] L. Can and N. Kaya, “Social Networking Sites Addiction and the Effect of Attitude towards Social Network Advertising,” Procedia - Soc. Behav. Sci., 2016.
[5] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia,” Teknopreuner, 2018.
[6] U. S. C. Bureau, “Mid-year Five Year Age Groups and Sex - Custom Region - Indonesia,” 2019.
[7] W. A. Social, “Data Pengguna Telepon, Internet, Media Sosial Indonesia,” 2019.
[8] G. Z. Karimova, “Defining advertising: A carnivalesque perspective,” Int. J. Journal. Mass Commun., 2014.
[9] T. Flew, New Media: An Introduction. 2007.
[10] E. D. S. Watie, “PERIKLANAN DALAM MEDIA BARU (Advertising In The New Media ),” J. Messenger, 2016.
[11] P. Kotler and K. L. Keller, “Marketing management (14th ed.),” in Prentice Hall., 2012.
[12] S. Gunelius, “30-Minute Social Media Marketing,” in McGraw-Hill Companies, 2011.
[13] J. Heridiansyah, “Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC,” J. STIE Semarang, 2012.
[14] W. Supriyanto and R. Iswandari, “Kecenderungan Sivitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., 2017.
[15] B. Setia Wibowo, “Pengaruh Instagram Online Store, Konformitas Dan Iklan Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Hedonis Mahasiswa,” JBTI J. Bisnis Teor. dan Implementasi, 2018.
[16] F. Sukma, M. Sarma, and M. Syamsun, “Efektivitas Iklan dalam Menumbuhkan Brand Awareness SMA Sampoerna,” Manaj. IKM J. Manaj. Pengemb. Ind. Kecil Menengah, 2015.
[17] W. L. Hardilawati, I. D. Binangkit, and R. Perdana, “Endorsement : Media Pemasaran Masa Kini,” JIM UPB, 2019.
[18] K. Imasari and C. Lu, “PENGARUH MEDIA PERIKLANAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA SMU UNTUK MENDAFTAR DI UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA: SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS SISWA SMU DI BANDUNG) Kartika Imasari,” J. Bisnis dan Ekon., 2010.
[19] Rudika Harminingtyas and T. Susetyarsi, “PENGARUH MEDIA IKLAN DAN MODEL IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KOPI BUBUK SIAPSAJI MEREK LUWAK WHITE KOFFIE DI KOTA SEMARANG,” J. STIE SEMARANG, 2015.
Published
2019-12-06
How to Cite
Handoko, H., Simanjorang, M., Stephani, L., Yudistira, G., & Primasari, C. (2019). DAMPAK IKLAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN MAHASISWA. SINTAK, 3. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7635
Section
Vol 3 (2019)