Skip links

5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki

Jaman serba digital seperti sekarang ini, kita secara tidak langsung di tuntut untuk mengikuti perkembangannya. Salah satu perkembangan yang sangat pesat adalah perkembangan teknologi yang menuntut kita juga harus berkembang dari sisi kemampuan atau skill. Terdapat 5 Skill yang wajib dimiliki di era digital seperti sekarang ini.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki, sehebat apapun kemampuan kita namun secara komunikasi tidak begitu mahir akan berdampak pada tidak terlihatnya kemampuan yang lain yang kita kuasai. Komunikasi secara verbal dan komunikasi secara non-verbal sangat wajib kita kuasai.

 

2. Kemampuan Bekerjasama dengan tim

Meskipun memasuki era digital, kemampuan bekerjasama dengan tim sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan dengan bekerjasama dengan tim, maka beban pekerjaan yang harus kita lakukan dapat sesuai dengan porsi kebutuhan dan kemampuan sehingga harapannya pekerjaan tersebut dalam selesai sesuai dengan waktunya.

 

3. Kemampuan beradaptasi

Adaptasi atau dapat berbaur di lingkungan baru merupakan skill yang tak kalah penting. Karena dengan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, maka pekerjaan yang akan dilakukan akan lebih mudah terselesaikan. Selain itu dengan kemampuan adaptasi yang baik, kita akan menjadi pribadi yang mudah diterima di lingkungan baru.

 

4. Kemampuan problem solving

Kemampuan berikutnya adalah kita dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang baik. Pada setiap kegiatan akan terdapat permasalahan. Seberapa ahli kita dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik dan tepat maka kita akan semakin diterima di lingkungan tersebut. Karena itulah kemampuan ini perlu dimiliki.

 

5. Kemampuan leadership

Kemampuan yang terakhir adalah kemampuan leadership atau kemampuan dalam memimpin. Mental dan pola pikir seorang pemimpin akan cenderung berfokus pada solusi dari masalah yang akhirnya akan memberikan keputusan secara bijak. Kemampuan memimpin akan semakin penting saat kita menduduki jabatan tertentu yang dituntut untuk memutuskan keputusan atau kebijakan.

 

Masih banyak lagi kemampuan yang harus kita miliki. Namun paling tidak ada lima kemampuan secara dasar untuk kebutuhan apapun selama kita berkomunikasi dan berkomunitas. Lima kemampuan tersebut akan menjadi pondasi dalam berkomunitas untuk mengembangkan usaha kita atau mengembangkan bisnis kita.