Tipe Data Dan Variabel Pada Kotlin

fti unisbank

Tipe data dan variabel merupakan kedua hal yang tidak bisa dilepas ketika kita belajar bahasa pemrograman apapun. Akan tetapi, tidak semua tipe data dan variabel bisa dikatakan sama. Karena setiap bahasa pemrograman memiliki aturan yang berbeda-beda. Termasuk bahasa Kotlin ini, hal yang pertama kita akan pelajari adalah tipe data dan variabel. Kita akan mengulang pengertian tipe data dan variabel. Variabel adalah simbol yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai. Sedangkan tipe data adalah jenis nilai yang akan disimpan.

Jika pada Java kita perlu memberi penamaan tipe data secara formal. Pada Kotlin kita tidak perlu mendefinisikan tipe datanya secara formal. Alasannya, Kotlin sudah mampu mengenali tipe data dari nilai yang akan kita berikan. Dengan Kotlin kita cukup memberi tipe data val dan var.

Sebelum masuk ke prakti penerapan tipe data dan variabel. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar syntax tidak error.

  1. Variabel yang belum diberi nilai wajib disebutkan tipe datanya
  2. Penulisan nama variabel menggunakan gaya camelCase (sama seperti Java)
  3. Nama variabel tidak boleh diawali dengan angka dan simbol, kecuali underscore
  4. Tipe data diawali dengan huruf kapital

Selanjutnya untuk belajar Kotlin yang dibutuhkan saat ini, yaitu :

  1. Niat, hal ini wajib ada pada diri kalian ketika ingin belajar apapun.
  2. Internet, disini kita belum menggunakan text editor ataupun IDE. Karena kita akan menggunakan text editor online.
  3. Device, karena text editor kita secara online, maka kita bisa menggunakan handphone untuk praktiknya. Lebih disarankan laptop/pc agar mata kalian tidak sakit.

Pertama, silahkan buka https://try.kotlinlang.org/ untuk praktik membuat tipe data dan variabel. Halaman pertama yang akan kita temukan pasti bagaimana cara menampilkan “Hello World”, betul? Sehebat apapun developer pasti pertama kali mereka belajar bagaimana caranya menampilkan halo dunia.

Ketiga, silahkan pelajari tipe data di bawah ini. Jangan lupa untuk mencobanya, karena belajar programming tidak cukup dengan memahami teorinya saja. Ada beberapa jenis tipe data yang bisa kalian gunakan pada Kotlin.

  1. Int (Integer) digunakan untuk bilangan bulat. Contoh 1, 400
  2. String: teks. Contoh “seru gak belajar Kotlin?”
  3. Float: bilangan pecahan. Contoh 1.5, 10.999
  4. Double: bilangan pecahan juga, akan tetapi punya ukuran penyimpanan lebih besar dibanding float
  5. Boolean: tipe data yang hanya bernilai true dan false
  6. Char: karakter. Contoh “Q”

Sekian dan tetap semangat belajar (Qomariah KD)

Facebook
Google+
Twitter

Latest News