Fakultas Pariwisata Unisbank Siapkan SDM Unggulan yang memahami Budaya Bangsa

Cara Terbaik Melestarikan Budaya

Indonesia dikenal sebagai negara yang makmur, kaya, serta luas wilayahnya. Hamparan luasnya nusantara berdampak pada keberagaman budaya bangsa, karena setiap daerahnya memiliki ciri khas masing-masing.

Budaya bisa disebut sebagai sistem hukum dan kebiasaan yang lahir dalam lingkup wilayah atau masyarakat tertentu.

Dan hal ini bisa menjadi norma atau kebiasaan yang terus berlanjut dilestarikan ke berbagai generasi selanjutnya, hingga lahirlah yang namanya kebudayaan. Jenis kebudayaan di setiap daerah berbeda-beda jenisnya, bisa dari segi bahasa, kesenian, dan lainnya.

Dikenal sebagai negara kaya akan budaya, bukan tidak mungkin Indonesia dihadapkan pada arus globalisasi yang mengarah pada ancaman kepunahan, hilang, atau tenggelamnya sebuah kebudayaan.

Salah satu penyebab yang pasti adalah karena kurangnya minat, usaha, dan cara melestarikan budaya.

Mengenal Cara Tepat Melestarikan Budaya

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, jiwa patriotisme dan loyalitas terhadap negeri salah satunya bisa dilakukan dengan ikut serta melestarikan kekayaan budaya bangsa. Tak perlu jauh-jauh, usaha pelestarian bisa kita lakukan mulai dari lingkungan terkecil.

1. Mengenal Budaya Daerah dengan Baik

Hal pertama yang bisa kita realisasikan dalam cara melestarikan budaya, yaitu dengan mencari tahu serta mengenal terlebih dulu kebudayaan terutama yang ada di lingkungannya sendiri.

Karena untuk mencari seseorang yang memiliki rasa peduli dan partisipatif, harus dipupuk sejak dini dengan cara mengenal kebudayaan sendiri, serta mulai dari diri sendiri.

2. Pupuk Rasa Suka dan Peduli Budaya Sendiri

Jika telah mengenal dengan baik, maka kita bisa melahirkan rasa suka dan peduli terhadap budaya.

Cara mencintai kebudayaan sendiri adalah dengan mempelajaari setulus hati tanpa paksaan dari pihak mana pun.

Selain itu diperlukan pula rasa peduli pada perkembangan budaya, memiliki rasa melek tinggi, dan rasa takut jika suatu saat budayanya bisa hilang jika tidak aktif memberikan andil.

3. Lestarikan dan Kenalkan Kepada Generasi Penerus

Masih berkesinambungan dengan poin di atas, maka cara melestarikan budaya selanjutnya adalah dengan menyampaikan serta mengedukasi kepada para generasi penerus.

Terutama pengembangannya dalam tingkat lingkungan keluarga, tetangga, daerah, hingga nasional, agar tidak punah dimakan zaman.

Bukan sesuatu yang mustahil bahwa kita juga bisa mengenalkan kebudayaan hingga meroket ke kancah Internasional.

Tidak ada salahnya membuat kebudayaan kita mendunia, sehingga begitu besar partisipasi yang diberikan untuk melestarikan budaya Indonesia. Sektor pariwisata juga mengakomodir budaya sebagai salah satu wisata yang sangat menjanjikan. Begitu menjanjikannya sehingga diperlukan sumber daya manusia yang bisa mendukung sector pariwisata di Indonesia. Fakultas Pariwisata Unisbank atau Fpar unisbank menyiapkan SDM-SDM yang unggul untuk sektor pariwisata dan bisnis di Indonesia. Informasi lebih lengkap bisa klik Fakultas Pariwisata Unisbank.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru