Skip links

Dosen FTII Unisbank Ciptakan Alat Pengatur Suhu Untuk Pertanian Jamur

Dosen Fakultas Teknologi Informasi Dan Industri  Universitas Stikubank yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) beberapa waktu yang lalu mendapatkan hibah pendanaan kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi Tahun anggaran 2022.

Salah satu tim PKM yang dipimpin oleh Mardi Siswo Utomo menciptakan alat pengontrol suhu dan kelembaban pada kumbung milik petani jamur tiram di Desa Pongangan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Tim PKM Universitas Stikubank telah mendampingi para petani jamur tiram sejak Juni 2022. Tim PKM juga memberikan pelatihan untuk menggunakan alat pengontrol suhu tersebut untuk memudahkan petani jamur tiram. Dengan alat pengatur suhu dan kelembapan tersebut, petani dapat merawat kumbung jamur menjadi lebih mudah.

Petani tidak perlu selalu memeriksa suhu dan kelembapan kumbung jamur karena sudah dilakukan secara otomatis oleh alat pengatur suhu dan kelembapan. Petani hanya perlu memeriksa dua kali dalam sehari saja. Petani jamur juga tidak perlu melakukan penyemprotan secara manual pada kumbung. Alat akan menjaga suhu selalu normal dan sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan jamur tiram. Melalui program PKM ini, diharapkan petani dapat terbantu untuk meningkatkan produksi dan kualitas jamur.

Leave a comment