Skip links
Drag

Mengenal Lebih Dekat Lembaga Kemahasiswaan UNISBANK Semarang

 “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Ir Soekarno

Kutipan dari pidato presiden Soekarno di atas mengandung makna bahwa pemuda bukan hanya dapat menuntun laju bangsa saja tetapi para pemuda bahkan mampu mengubah dunia. Oleh karena itu mahasiswa di lingkungan akademisi Universitas Stikubank Semarang memiliki wadah untuk menyalurkan aspirasi, intelektualitas dan semangat jiwa mudanya.

Lembaga Kemahasiswaan mempunyai fungsi dan peran sebagai wahana untuk membina persaudaraan dan sikap intelektual mahasiswa serta menjadi salah wadah untuk menyalurkan aspirasi pada lingkungan hidup dikalangan mahasiswa untuk mewujudkan Tridarma perguruan tinggi.

Mengingat fungsi dan peran LK UNISBANK yang cukup vital baik dalam ruang lingkup internal kampus maupun implementasi dalam kemasyarakatan. Bila dicermati lebih dalam fungsi dan peran tersebut, maka tersirat adanya lembaga yang berfungsi sebagai legislatif dan eksekutif, yang bertujuan menjalankan fungsi dan peran demi tercapainya tujuan bersama untuk hal itu UNISBANK senantiasa mendukung proker (program) yang ada pada setiap lembaga kemahasiswaan UNISBANK Semarang.

Setelah mengetahui tentang fungsi dari Lembaga Kemahasiswaan yang ada di UNISBANK semarang kita akan membahas tentang, lembaga apa saja yang ada pada LK UNISBANK.

Sebagai lembaga yang terorganisir Lembaga kemahasiswaan yang ada di Unisbank memiliki tatanan struktural yang terdiri dari beberapa tingkatan dari hirarki dimulai dari :

  • HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) yang wilayah birokrasinya meliputi Jurusan/ Program studi.
  • BEM-F(Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas) yang wilayah birokrasinya meliputi Fakultas.
  • BEM-U(Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas) yang wilayah birokrasinya ada di Universitas.
  • DPM-U (Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas) yang tugas tanggung jawabnya mengawasi,mendukung dan menilai kinerja kegiatan organisasi yang ada Di Universitas Stikubang Semarang.

Apa saja yang dilakukan di lembaga kemahasiswaan UNISBANK?

Untuk menjawab hal ini setiap LK tentu memiliki kebijakan dan AD-ART masing-masing yang mana kegiatan tadi harus bisa memberikan impact yang positif, misalkan advokasi yaitu penyerapan/sebagai wadah aspirasi-aspirasi mahasiswa Unisbank, Lalu ada kaderisasi yaitu proses pelestarian pengurus LK UNISBANK, pelatihan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan (soft skill/hard skill), Study banding, diskusi keilmuan, lomba, pekan olahraga dan tidak lupa pula pengabdian masyarakat.

“Harapan buat LK, saya berharap administrasi di LK makin terbenahi dan hubungan antara lk lebih baik dan bersinergi lagi. Serta jangan menganggap diri kita (LK) lebih baik dri yang lain(LK atau UKM).” Ujar Eri Lukmanudin Presiden BEM  UNISBANK priode 2021-2022