Skip links

5 Festival Budaya Asal Indonesia yang Terkenal di Dunia

Kita patut berbangga diri sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali budaya. Bahkan di beberapa negara memperlajari budaya Indonesia. Kamu mungkin sudah mengenal tari-tarian daerah, lagu daerah, bentuk rumah adat yang berbeda-beda hingga makanan khas di setiap provinsi. Inilah yang membuat Indonesia semakin kaya karena beragam  suku dan ras yang tinggal dalam satu negara. 

Konsep budaya akan jelas terlihat dalam sebuah festival, di mana setiap orang berkumpul dan melakukan kegiatan bersama. Kira-kira sudah tahukah kamu apa saja festival yang ada di Indonesia? Bahkan orang asing saja mengetahuinya. Berbagai festival ini juga menjadi tujuan utama para wisatawan asing untuk datang.  Anda ingin menekuni dunia pariwisata, anda bisa memulainya dengan masuk di fakultasa pariwisata Unisbank.

Berbagai Festival Budaya RI yang Dikenal Dunia

Begitu banyak festival Indonesia yang diadakan setiap tahunnya. Festival ini merupakan budaya untuk berterima kasih karena masa panen yang berhasil hingga hiburan rakyat. Kamu mungkin bisa menghabiskan liburan untuk datang ke berbagai daerah dan mengikuti festival-festival ini. Langsung saja kita cari tahu apa saja festival tersebut disini.

  • Festival Danau Toba

Festival Danau Toba berasal dari Sumatera Utara Indonesia yang telah diadakan sejak tahun 1980. Dalam perayaan tersebut dilakukan dengan rangkaian acara yang cukup panjang yaitu hingga berminggu-minggu. Pada perayaan ini masyarakat berkumpul, menikmati berbagai pertunjukan seni serta makanan tradisional.

  • Festival Budaya Dieng

Beralih ke Jawa Tengah, ada perayaan yang dilangsungkan di Dieng Jawa Tengah. Acara intinya adalah ruwatan rambut gimbal yang memiliki filosofi menghilangkan nasib buruk. Acara festival ini sendiri baru dimulai tahun 2010 dan menjadi acara tahunan. 

  • Festival Erau

Perayaan ini dulunya diadakan untuk penobatan raja baru. Tapi karena zaman sudah modern maka perayaan ini diadakan saat ulang tahun Kota Tenggarong Kalimantan Timur. Kata Erau berasal dari Eroh yang artinya riuh atau ribut. Jadi pada saat perayaan berlangsung begitu banyak acara pertunjukan yang diselenggarakan. 

  • Festival Rambu Solok

Di Toraja upacara kematian dilangsungkan layaknya sebuah festival yang sangat meriah. Festival Rambu Solok diadakan sebelum jenazah dikebumikan. Pada perayaan ini dilangsungkan acara seperti adu kerbau hingga tarian. 

  • Festival Danau Sentani

Acara yang diadakan di danau Sentani yang inti acaranya adalah penobatan Ondoafi. Upacara dilakukan di atas danau menggunakan kapal. Masyarakat papua akan menari di atas perahu dan banyak kuliner khas papua yang disajikan.