Skip links

Abdul Wahid Mahasiswa FTI Unisbank Peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)

TALKSHOW Sharing Experience Kampus Merdeka dengan Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka telah berlangsung pada 6 Mei 2021 dengan menampilkan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Unisbank yang mengikuti program Kampus Merdeka.

Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang melibatkan 110 BUMN dan 136 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di seluruh Indonesia. PMBB ini telah mengikutsertakan lebih dari 16.400 mahasiswa untuk melakukan magang di semua BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia sejak semester kedua tahun 2018. PMMB merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia Unggul terutama dalam menghadapi persaingan global melalui link and match kurikulum industri dan Perguruan Tinggi.

Abdul Wahid adalah salah satu mahasiswa dari Universitas Stikubank Semarang yang dapat berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) pada tahun 2021. Dengan nama lengkap Abd Wahid bertempat tinggal di dusun Bukpote, desa Sreseh, Kota Sampang, Provinsi Jawa Timur, Abd.Wahid ini ternyata dari mahasiswa FTI Universitas Stikubank Semarang angkatan tahun 2018 dengan program studi S1-Teknik Informatika dengan memiliki beberapa kemampuan dalam program Web PHP, HTML dll Dalam prosesnya bisa terpilih sebagai salah mahasiswa yang magang di PT.Pupuk Kujang Cikampek dalam kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat(PMMB) Dalam mengikuti kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) ini ada beberapa keuntungan yang kita dapat yaitu Pengalaman di Dunia Industri, Uang  Jajan, Konfersi SKS, Sertifikat Bertaraf Nasional yang dimana bisa kita gunakan untuk mendaftar di PT BUMN lainnya dan kemudian ada  hal yang paling bakal kita rasakan di saat terjun atau magang di PT BUMN yaitu adanya perbedaan di saat membuat project atau program, dimana jika di perkuliahan membuat dengan sekrasi sendiri dan dengan logika sendiri tetapi jika  sudah terjundi dunia industri yang harus lebih jelas mulai dari dokumentasi, pengambilan logikanya dan bagaimana cara kita membuat program itu bisa di mengerti semua orang mengenai program/aplikasi tersebut. Untuk test penerimaan di PT.Pupuk Kujang sendiri yaitu ada 3 tahap test,  pertama test pisikologi, Kedua test Praktek dan Ketiga test Penetapan Posisi.

  Motifasi mas Wahid  mengikuti Kegiatan ini yaitu “pertama ingin mengetahui link and match antara apa yang di pelajari di Perkuliahan dan apa yang di terapkan di industri”ungkapWahid. Dengan adanya kegiatan bukan hanya mendapatkan setifikat dan konfersi SKS saja tapi akan masuk Item SKPI dan yang lebih kalah penting yaitu menambah Portofolio di saat lulus nanti dan kompetisinya sangat Terbuka, jadi mahasiswa yang ingin ikut PMMB Bacth ke-2 di usahakan dokumen yang dimasukan atau yang dikirimkan benar dan  untuk keahlian sebisa mungkin lebih Spesifik. (KA)