Skip links

Awan Aprilino Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Peserta Program Permata Sakti

TALKSHOW Sharing Experience Kampus Merdeka dengan Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka telah berlangsung pada 6 Mei 2021 dengan menampilkan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Unisbank yang mengikuti program Kampus Merdeka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di awal tahun 2020 telah mengeluarkan kebijakan mengenai Pendidikan tinggi yang terangkum dalam Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Untuk mendukung program Kampus Merdeka khususnya hak untuk belajar di luar program studi dan perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA-SAKTI) Tahun 2020 sebagai bagian dari upaya dalam penambahan ataupun penguatan kompetensi dan wawasan mahasiswa serta penguatan toleransi, cinta tanah air dan budaya yang diperoleh dari pertukaran mahasiswa melalui kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia.

-Awan Aprilino adalah salah satu mahasiswa dari Universitas Stikubank Semarang yang dapat berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Program Petukaran Mahasiswa Merdeka PERMATA-SAKTI pada tahun 2020-2021. Dengan nama lengkap Awan Aprilino bertempat tinggal Ds Mlatirejo RT 08 RW 02 Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang, Seorang mahasiswa FTI Universitas Stikubank Semarang angkatan tahun 2018 dengan program studi S1-Teknik Informatika. Selama mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa mereka di minta untuk mengikuti jadwal dan proses belajar mengjar dari kampus tersebut, melakukan sharing-sharing antar mahasiswa mengenai proses belajar mengajar saat daring maupun secara tatap muka. Dalam kegiatan pertukaran mahasiswa ini Awan Aprilino berkesempatan belajar di Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta dan Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya, Lampung.

Dalam kegiatan belajar mengajar  Awan Aprilino mengikuti beberapa mata perkuliahan saja seperti Metodologi Agile scrum dari Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta dan Mobile security dari Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya, Lampung. Jadi tidak secara keseluruhan mengikuti matakuliah yang ada. Dengan adanya kegiatan seperti ini beliau sangat bersyukur karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kampus lain, masala sosial, budaya dari setiap daerah.

Motifasi mas Awan mengikuti Kegiatan ini adalah”Saya Ingin Belajar hal-hal yang baru, Kemudian belajar berkerjasama dengan orang-orang baru seperti apa, terus bagaimana cara belajar mereka”ungkap Awan Aprilino. Untuk kelanjutan dari kegiatan PERMATA-SAKTI sendiri adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang akan di buka pendaftarannya pada minggu pertama di bulan juli 2021, untuk berbedaan antara PERMATA-SAKTI dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah jika pandemi ini berakhir maka ada kesempatan Mahasiswa Merdeka ini akan kuliah secara luring di perguruan tinggi yang di pilih namun di luar pulau selama satu semester. (KA)