Skip links

Begini Pola Pembinaan Mahasiswa Atlet Olahraga di Unisbank

SEMARANG – Universitas Stikubank (Stikubank) Semarang menjadi salah satu kampus yang mengirimkan mahasiswanya untuk memperkuat kontingen Jawa Tengah pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Para atlet pun membawa pulang prestasi dengan menyumbangkan beragam medali.

Wakil Rektor III Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Widiyanto Tri Handoko, mengaku memberikan perhatian besar pada perkembangan olahraga di kampus. Sejumlah fasilitas disediakan untuk menunjang prestasi mahasiswa di bidang olahraga.

“Sebelum pandemi Covid-19 kita fasilitasi tempat-tempat latihan seperti basket, bukutangkis, taekwondo, futsal,” ujar Handoko, Senin (18/10/2021).

Namun, hampir semua kegiatan olahraga itu terhenti akibat dihantam badai pandemi Covid-19. Bukan hanya itu, kampus yang semula ramai oleh kegiatan belajar mengajar mahasiswa dan dosen mendadak sepi demi mencegah penyebaran virus corona.

“Tapi ketika pandemi datang maka bubar jalan semua, karena enggak boleh datang ke kampus. Kita juga bingung mengarahkan mahasiswa, di satu sisi enggak memperbolehkan (ke kampus) padahal mahasiswa yang namanya olahragawan kondisinya mesti sehat. Cuma karena dulu PPKM agak ketat,” terangnya.

Kini pemerintah telah memberi kelonggaran-kelonggaran agar kegiatan olahraga tetap bisa berlangsung. Meski demikian, protokol kesehatan mesti tetap diterapkan secara ketat agar tak terjadi klaster baru atau munculnya gelombang ketiga Covid-19.

“(Sementara) kalau mahasiswa itu sudah punya prestasi di cabor masing-masing jadi ketika pembinaan memang sudah ikut klub ya sudah di klub-nya. Jadi kita (kampus) enggak ikut cawe-cawe, hanya ketika mereka dapat prestasi ya kita kasih penghargaan,” tegasnya.

Sekadar diketahui, mahasiswa Unisbank Sagita Putri Krisdewanti telah menyumbangkan Medali Perak dan Medali Perunggu untuk Kontingen Jawa Tengah (Jateng) di PON XX Papua 2021. Sagita tercatat sebagai mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Hukum.

Dia meraih Medali Perak untuk cabang olahraga Renang dengan kategori Renang 400 x 100 Gaya Bebas Putri dan Medali Perunggu dalam cabang olahraga Renang dengan kategori Renang 50 M Gaya Bebas Putri.

Selain itu, Medali Emas diraih oleh Alfi Syifa Nila Muna juara 1 kelas 51 Kg putra mahasiswa FEB Manajemen. Medali Perunggu atas nama Dikta Fiana Wahyu Pertiwi juara 3 kelas 52 Kg putri, mahasiswi FTI pada cabang olaraga Kickboxing dalam ekshibisi PON XX di GOR Waringin, Kota Jayapura, Papua.