Belajar Otodidak Cara Menjadi Hacker Profesional

belajar otodidak menjadi hacker

Hacking adalah aktivitas untuk masuk ke sebuah sistem komputer dengan mencari kelemahan dari sistem kelemahanya. Karena sistem adalah buatan manusia, maka tentu saja tidak ada yang sempurna. Kebanyakan orang menganggap aktivitas hacking dapat merugikan orang karna dapat masuk ke ‘sistem’orang lain tanpa izin dan melakukan apa saja yang diinginkan oleh pelaku yang bisa berakibat fatal pada sistem.

Dalam dunia hacker, kita pasti pernah mendengar kata  With Hat dan Black Hat. Itu merupakan julukan untuk hacker yang baik dan buruk. White Hat merupakan hacker bertopi putih dalam artian hacker yang menggunakan keahliannya untuk kebaikan seperti menjaga keamanan suatu sistem, meperbaiki sisi lemah suatu website, dan memperkuat sisitem pertahanan suatu website. Sedangkan, Black Hat merupakan hacker bertopi hitam dalam artian Hacker yang menggunakan keahliannya untuk kejahatan seperti membobol kartu kredit, masuk kedalam sebuah sistem dengan tujuan mencuri, dan kejahatan lain yang berhubungan dengan kejahatan di dunia internet. Hacker Black Hat juga bermain dalam berbagai peran seperti memodifikasi aplikasi dan menyembunyikan virus seperti malware, spyware dan selain itu di era sekarang ini lebih banyak hacker yang bermain aman melalui adware yang kemungkinan tidak akan terjerat hukum serius.

Jaringan yang wajib hacker ketahui :

Mempelajari IP ADDRESS

IP address atau Internet Protocol Address adalah sistem peng-alamatan suatu perangkat dengan menggunakan angka sebagai identitas. Jaman sekarang semua perangkat digital telah diberikan kartu jaringan sehingga dapat memiliki ip addressnya masing masing, itu sebabnya semua perangkat tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan internet.

IP address yang biasa digunakan umumnya terbagi menjadi tiga kelas, yaitu:

Kelas A: 1.0.0.0 – 126.255.255.255
Kelas B: 128.0.0.0 – 191.255.255.255
Kelas C: 192.0.0.0 – 223.255.255.255

ini contoh dari ip address yang biasanya di pakai di jaringan lokal :
10.0.0.0 – 10.255.255.255
172.16.0.0 – 172.31.255.255
192.168.0.0 – 192.168.255.255

Lalu bagaimana caranya agar jaringan lokal tadi bisa terhubung ke internet ?
Untuk dapat berkomunikasi ke Internet ip lokal tadi harus dirubah kedalam bentuk IP Public menggunakan bantuan perangkat NAT .

Belajar NAT

NAT atau Network Address Translation adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk membuat IP lokal anda menjadi diwakili oleh satu IP Address yang lain. Dalam networking fungsi NAT digunakan agar jaringan lokal kita terhubung dengan jaringan internet. Nat ini merupakan salah satu fitur didalam router.

PORT

Kita sudah mengetahui fungsi dari IP Address yaitu sebagai identitas perangkat. nah port adalah turunan dari identitas perangkat itu yang biasanya mewakili service-service yang ada di perangkat tersebut.

Mengerti DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berfungsi untuk membagikan atau meminjamkan alamat IP Address secara otomatis kepada client komputer yang terhubung. Jika jaringan kita tidak memiliki DHCP Server maka dibutuhkan settingan manual pada tiap-tiap komputer yang ada di jaringan tersebut.

Kode Programing

Kode Programing merupakan salah satu item wajib yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi seorang Hacker. Di sisni, Anda harus mengenal, memahami, dan menghafal beberapa bahasa pemrograman dalam bentuk kode. Bahasa pemrograman bisa anda pelajari dengan cara mendalami PHP< Javascript, C++, dan lain sebagainya, selain itu hacker juga setidaknya harus paham HTML dan CSS untuk bisa menguasai dan memahami dasar struktur dalam dunia website.

Nah, itu dia 3 cara belajar hacking secara otodidak hingga jadi hacker profesional. Cara diatas bisa menjadi panduan untuk anda yang ingin belajar hacking. Yang penting, kalian harus memiliki tekad untuk mempelajari hacking. Terima kasih.(Fera/HMPS-TI)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter